JOGLOSEMARNEWS.COM Market Info Bisnis

Ini Tampilan Iphone 13 dan Iphone 13 Mini Hadirkan dengan Chip dan Kamera Terbaru

Apple via tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Apple resmi mengumumkan seri ponsel terbaru mereka, iPhone 13 pada 14 September 2021 waktu setempat. iPhone 13 dan iPhone 13 Mini menjadi salah satu variasi terbaru yang diperkenalkan.

Dilansir dari tempo.co, Apple meyematkan layar OLED di ponsel terbaru mereka. Fitur ini membuat tampilan layar pada Iphone 13 menjadi lebih terang dari seri sebelumnya.

“Layar OLED ini yang membuat tampilan lebih terang dibanding sebelumnya,” ujar pihak Apple dalam presentasinya di Apple Event, Rabu (15/9/2021) dini hari.

Dalam acara yang ditayangkan melalui platform YouTube tersebut, raksasa teknologi besutan Tim Cook itu memasang bahan alumunium di setiap sisi ponsel barunya.

Dari segi desain, iPhone 13 mengungkit model iPhone “S” lama mereka. Walau begitu, iPhone 13 tetap melakukan peningkatan dan penyempurnaan desain dibandingkan seri pendahulu mereka, iPhone 12.

Tampilan layar pada iPhone 13 terlihat lebih luas dengan bagian notch yang lebih kecil. Notch atau tempat kamera depan dan Face ID memiliki ukuran 20 persen lebih kecil dari model sebelumnya.

iPhone 13 ini tetap mengusung model notch pada bagian kamera depan mereka. Berbeda dengan yang ditawarkan ponsel Android terbaru dengan model bulatan punch-hole-nya. Walau begitu, iPhone 13 tetap tampil minimalis.

Selain desain, Apple juga menjanjikan performa yang lebih baik di ponsel baru mereka. Dalam seri iPhone 13, Apple menyisipkan chip A15 Bionic, chip terbaru mereka. Chip ini memiliki kecepatan di atas A14 Bionic serta lebih hemat daya.

“Chip ini lebih cepat dan hemat daya daripada A14 Bionic tahun lalu. Chip dengan fabrikasi 5nm dan CPU 6-core,” kata pihak Apple.

Apple juga mengklaim chip ini menjadi yang tercepat di antara smartphone, yaitu bisa 50 persen lebih cepat dari pesaingnya. Bahkan grafik yang ditawarkan 30 persen lebih baik.

Selain itu, iPhone 13 dan iPhone 13 Mini juga menawarkan baterai yang lebih tahan lama. iPhone 13 Mini memiliki masa pakai baterai 1,5 jam lebih lama dibandingkan iPhone 12 Mini, dan iPhone 13 memiliki masa pakai baterai 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12.

“Tentu ini berkat chip A15 Bionic, dan peningkatan serta pengoptimalan perangkat lunak tambahan,” tutur dia.

Tidak ketinggalan, iPhone 13 juga melakukan pembaruan pada kamera mereka. Dengan ukuran sensor untuk kamera wide lebih besar 47 persen dari tahun lalu, iPhone 13 mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar di lingkungan yang lebih gelap tanpa menghasilkan banyak noise.

Kedua kamera pada ponsel ini memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.6 pada kamera wide dan f/2.4 pada kamera ultra-wide. Tidak hanya itu, Apple juga menyematkan teknologi stabilisasi sensor-shift untuk mengurangi getaran ketika mengambil gambar.

Apple juga mengenalkan mode pengambilan video terbarunya berupa “mode sinematik” yang dapat mengubah fokus objek. Dalam mode sinematik, fokus akan otomatis dialihkan ketika orang memasuki bingkai atau mengalihkan pandangan dari kamera.

Masalah koneksi internet, iPhone 13 menjajikan peningkatan performa 5G dengan dukungan dari banyak operator di berbagai negara.

“iPhone akan mendukung 200 operator di lebih dari 60 negara dan wilayah pada akhir tahun,” ujar Apple.

iPhone 13 dibanderol mulai dari US$ 829 (Rp 11,8 juta), dan iPhone 13 Mini dengan harga US$ 729 (Rp 10,4 juta). Opsi penyimpanan untuk model tahun ini telah ditingkatkan, dengan menawarkan konfigurasi 128 GB, 256 GB, dan 512 GB untuk kedua model. Grahita Narasetya

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com