JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kisah Pilu Bu Wiwin Penjual Angkringan di Kartasura: Memilih Tidur di Kolong Meja Tempat Jualan Bersama 10 Anaknya karena Tak Kuat Bayar Kos

Foto: Instagram/@gerryprayudi
ย ย ย 

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Seorang ibu pedagang angkringan atau wedangan bersama 10 anaknya di Kartasura Sukoharjo harus rela tidur di bawah kolong meja yang biasa dipakai untuk berjualan. Mereka melalukan itu karena keadaan dan tak ada pilihan lain.

Kejadian itu dialami oleh bu Wiwin yang biasa berjualan di depan SMPN 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Sebelumnya mereka tinggal di sebuah kos, tetapi karena tak kuat membayar lagi, dia bersama suami dan 10 anaknya memilih tinggal dan tidur di kolong meja yang biasa sebagai tempat berjualan.

Kisah itu diunggah akun Instagram @surakartakita dari unggahan @gerryprayudi hingga viral dan menjadi perbincangan netizen.

“Awalnya gak ada yang aneh, tapi setelah diamati, ternyata banyak anak di wedangan ini, ada 1 anak sedang tidur di depanku dengan selimut, terus ada 1 anak cewek yang bantu ibunya melayani pelanggan. Ada lagi 1 anak cowo yang cuci-cuci piring, dan ada 2 anak yang lagi bermain kesana kemari, lalu aku tengok ada suara di bagian bawah, ternyata ada lagi 1 anak yang lagi coret-coret kertas di kolong meja. Kalau ditotal ada 6 anak, aku langsung nanya ke ibu penjual angkringan,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Dari cerita yang diunggah, diketahui keluarga itu sempat tinggal di rumah kos. Namun karena menunggak berbulan-bulan dan tak bisa membayar, Bu Wiwin dan keluarganya diminta mencari lokasi lain.

Sementara sang pemilik kos lama berbaik hati menganggap tunggakan selama ini lunas.

“Jadi sudah 3 hari anak-anaknya tidur di angkringan sini. Beberapa hari ini cuaca sedang gak menentu (hujan), beberapa anaknya sakit pilek (flu),” lanjut tulisan itu.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Sang pemilik akun juga sempat bertanya mengenai bantuan pemerintah kepada keluarga tersebut.

“Ibunya jawab kalo pernah dikasih beras 2 kali sama kelurahan, terus 4 bulan yang lalu dapet bantuan UMKM 1,2 juta, tapi yaa udah abis buat modal usaha angkringan.

Ibu ini bilang anaknya banyak, total ada 13, yang 3 udah mentas, sisanya 10 anak masih ikut dia dan suami, makanya kebutuhannya banyak,” tambahnya lagi.

Unggahan itu dibanjiri komentar dari warganet. Sebagian besar memberikan dukungan atas kegigihan keluarga tersebut dalam mencari nafkah.

“Salut untuk yg punya kos dulu, menganggap lunas dari tunggakan kos sekian bulan,untuk ibu dan anak-anak semoga rejeki lancar,” tulis @arzonosondakhan.

“Ayo semua warga surakarta dan sekitarnya kita harus bergerak ,membantu saudara kita dan adik2 yg butuh tempat tinggal,” timpal @deny24.kristiawan. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com