JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jangan Kaget, ini yang Bisa Terjadi Jika Instalasi Listrik Rumah Telah Berumur Lebih dari 10 Tahun

Warga berupaya memadamkan api yang menghanguskan toko Raehan di area pertokoan timur Pasar Purwantoro Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ayah dan bunda, coba deh sesekali cek instalasi listrik di rumah. Apakah sudah berumur atau justru masih memakai instalasi yang kurang berkualitas.

Pengecekan itu wajib dilakukan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Salah satunya konsleting listrik yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Ayah dan bunda tentu sudah paham bahwa kebakaran di rumah bisa dipicu beragam faktor. Tidak hanya lupa mematikan kompor, namun juga bisa disebabkan faktor konsleting listrik maupun cara merawat instalasi listrik yang asal-asalan.

Baca Juga :  Lesus Mengamuk di Wonogiri, Dahan Pohon di Depan SMPN 1 dan Selatan SDN 1 Krisak Roboh

Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak penuturan Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri Joko Santosa berikut ini. Joko, baru-baru ini mengatakan sejak awal tahun hingga pertengahan September 2021, sudah terjadi 22 insiden kebakaran. Terakhir kali si jago merah mengamuk tercatat terjadi di Kecamatan Selogiri Senin (6/9) lalu.

Advertisement
Baca Juga :  Anno 1850, Ada Pembibitan Kopi Zaman Belanda di Gondosini Desa Conto Kecamatan Bulukerto Wonogiri Ternyata

Lokasi kebakaran pun beraneka ragam. Mulai dari rumah warga, ruko hingga kandang ternak warga.

Dia menuturkan, puluhan kebakaran itu terjadi karena dipicu beberapa hal. Mulai dari konsleting arus listrik hingga adanya human error seperti kebakaran yang terjadi karena meninggalkan api kompor yang masih menyala.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua