JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Menguak Sosok Ari Kalora dan Jaka Ramadhan, Gembong Teroris Poso yang Ditembak Mati Aparat. Ada 4 Anak Buahnya Masih Diburu, Ini Daftarnya

Ari Kalora dan Jaka Ramadhan. Foto/Istimewa

POSO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perburuan terhadap gembong teroris Poso, Ali Ahmad alias Ali Kalora akhirnya berakhir.

Sempat bertahun-tahun lolos, gembong teroris paling diburu itu akhirnya ditembak mati Satgas Operasi Madago Raya, pada Sabtu (18/9/2021), sekira pukul 18.00 WITA.

Ari ditembak mati wilayah Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selain Ali Kalora, anak buahnya bernama Jaka Ramadhan juga tewas dalam peristiwa kontak tembak tersebut.

Advertisement

Dengan tewasnya pimpinan teroris Poso Ali Kalora dan anak buahnya itu, sisa DPO teroris Poso saat ini berjumlah 4 orang.

Baca Juga :  Mencekam, Aksi Bar Bar Belasan Gerombolan Bandit Ngamuk di Kafe Tujuh Muara. Bawa Celurit, Seret Pengunjung dan Rampas Semua Barang Berharga

Mereka adalah Askar alias Jaid alias Hamzah alias Pak Guru, Hamzah H. Abidin alias Na’e alias Galuh, Ahmad Gazali alias Ahmad alias Mat Panjang, dan Suhardin alias Farhan alias Abu Farhan alias Hasan Pranata.

Lantas siapa sebenarnya Ari Kalora?

Berdasarkan referensi sejumlah sumber, nama Ali Ahmad alias Ali Kalora, lahir di Gowa, Sulawesi Selatan, pada 30 Mei 1981.

Sebelumnya ia bekerja sebagai Petani di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Menyayat Hati, Kisah Sutrisno Perantau Asal Jateng Tewas Hangus Terbakar di Kos-Kosan. Mayatnya Sambil Peluk Kado Ulangtahun Anaknya

Bergabung ke kelompok teroris Poso pada 2012. Saat itu, bersama-sama mendiang Santoso alias Abu Wardah ia mendeklarasikan diri untuk menjadi pengikut ISIS.

Meski lahir di Gowa, ia bukan bersuku Bugis, tapi Ambon. Ia menetap di Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara. Di sana, ia menikah dengan perempuan bernama Tini Susanti Kaduku.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua