JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Menko PMK: Pembelajaran Tatap Muka Tak Boleh Ditunda-tunda, Jangan Sampai Terjadi Learning Loss

Muhadjir Effendy / liputan6
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah daerah harus menyadari bahwa pembelajaran tatap muka tidak bisa ditunda-tunda lagi.

Untuk itulah, Muhadjir memperbolehkan semua sekolah menggelar pembelajaran tatap muka, asal memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan.

Paling tidak, menurut Muhadjir, pembelajaran tatap muka tersebut dapat dilakukan seiring dengan pemberian vaksin Covid-19 kepada pelajar.

“Kasihan anak-anak tidak kenal lagi sekolahnya. Jangan-jangan masuk pertama tidak kenal gurunya, nanti terjadi yang namnya ‘learning loss’ atau kehilangan kesempatan belajar itu yang paling berbahaya,” kata Muhadjir di Jawa Tengah, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Muhadjir mengatakan, kehilangan kesempatan belajar para siswa sama bahayanya dengan virus Covid-19. Sebab, menyangkut masa depan bangsa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Harjuna Widada mengakui semua sekolah tingkat TK, SD dan SMP di Kudus sudah menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas.

“Kami juga sudah menetapkan standar operasional prosedurnya, termasuk kepatuhan terhadap protokol kesehatannya mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Saat selesai sekolah lebih baik di rumah untuk mengurangi aktivitas yang tidak penting,” ujarnya.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Meskipun sebagian besar siswa kelas IX SMP di Kabupaten Kudus sudah mengikuti vaksinasi, kata dia, kedisiplinan menjaga protokol kesehatan tetap harus dijaga sebagai upaya menghindari penularan virus corona, terutama di sekolah agar tidak muncul klaster Covid-19.

Untuk pelaksanaan vaksinasinya baru fokus kelas IX, setelahnya dan tersedia vaksin baru menyasar siswa kelas VIII, kemudian siswa kelas VII. #liputan6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com