JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Warga Desa Jenar Sragen Nekat Gugat Pemdes dan Panitia PTSL. Tuding Tanahnya 17.215 M2 Diserobot Jadi Kas Desa

Kades Jenar, Santo. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen nekat menggugat Pemerintah Desa (Pemdes) dsn panitia PTSL setempat.

Gugatan perdata itu dilayangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Sragen dan sudah memasuki masa sidang.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , gugatan itu diajukan oleh Bu Parti dan saudaranya, yang merupakan keluarga dari trah Joyo Merto alias Sadiyo. Mereka menggugat Pemdes atas kepemilikan tanah tegalan seluas 17.215 M².

Tanah yang berlokasi di Dukuh Godang RT 17, Desa Jenar itu diklaim sebagai milik almarhum Joyo Merto namun dituding telah diserobot menjadi milik kas desa melalui penyertifikatan program PTSL.

Baca Juga :  Sudah Banyak Renggut Nyawa, Perlintasan Maut di Bedowo Sragen Kini Dijaga 8 Orang. Dibayar Urunan 2 Desa, Sekda Sumbang Rp 3 Juta

Sidang untuk mediasi sudah digelar pekan lalu namun disebut gagal mencapai kesepakatan.

Kemudian berlanjut dengan sidang gugatan medio pekan lalu dengan menghadirkan saksi dari tergugat maupun penggugat.

Saat dikonfirmasi, Kades Jenar, Samto tidak menampik adanya gugatan dari salah satu warganya itu.

Menurutnya, pemohon gugatan adalah Bu Parti dan keluarga yang menggugat Pemdes dalam hal ini Kades, Ketua Panitia PTSL tahun 2019 yakni Sekdes dan Kadus.

Baca Juga :  PTSL Desa Kecik Sragen Diduga Jadi Ajang Pungli. Berdalih Diproses Reguler, Puluhan Warga Ditarik Tambahan Biaya Rp 2,5 Hingga Rp 3 Juta

“Iya benar. Ada gugatan terhadap Pemdes dan Panitia PTSL. Warga itu mengklaim tanah 17.215 M2 itu adalah masih hak milik Joyo Merto. Mereka menggugat karena tanah itu dialihkan menjadi tanah kas desa,” papar Kades kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (12/9/2021).

Kades Samto menguraikan pihak keluarga Joyo mengkalim memegang sertifikat tahun 1982 bahwa tanah itu merupakan hak milik Joyo Merto almarhum.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua