JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

684.400 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Selandia Baru Tiba di Indonesia

ilustrasi vaksin / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 684.400 dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca dari Selandia Baru tiba di Indonesia melalui melalui jalur multilateral COVAX Facilty.

“Ini merupakan pertama kalinya Selandia Baru melakukan kerja sama dose-sharing vaksin dengan Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Senin (25/10/2021).

Dikatakan Retno, dengan kedatangan vaksin tahap ke-99 itu, total vaksin yang sudah datang di tanah air, baik dalam bentuk bulk maupun jadi menjadi sekitar 292 juta dosis.

Baca Juga :  Baru Sehari Putusan MK Diumumkan, Ahmad Ali Datang Malam-malam ke Rumah Prabowo. Ada Apa? Katanya Tak Mewakili Nasdem dan Surya Paloh

Kerja sama tersebut, menurut Retno merupakan bagian dari komitmen Selandia Baru untuk mendukung program vaksinasi di kawasan Asia dan Pasifik, di mana mayoritas kerja sama dilakukan dengan Indonesia.

Di samping itu, demikian Retno, kerja sama dengan Selandia Baru juga telah dilakukan oleh Indonesia, antara lain melalui Eijkman Institute untuk meningkatkan kualitas tes Covid-19.

“Kerja sama juga dilakukan dengan UNICEF untuk meningkatkan kapasitas kesehatan publik, serta sejumlah peralatan medis di Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Jelang Pengumuman Sengketa Pilpres Cak Imin Unggah Foto Bareng Sufi Dasco Gerindra, Sinyal Gabung Prabowo?

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett mengatakan, negaranya dan Indonesia telah memiliki ikatan kerja sama yang lama dan dekat.

Pemerintah Selandia Baru juga akan terus melanjutkan dukungan kepada Indonesia dalam merespon pandemi, dan membantu mengatasi tantangan yang muncul dalam perjalanannya.

“Kami juga akan bekerja sama secara erat dengan Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Luar Negeri RI,” kata Kevin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com