JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

82 Persen Koruptor yang Ditangkap KPK Lulusan Perguruan Tinggi. Integritas Pendidikan Tinggi Turun?

Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron / liputan6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebagian besar dari koruptor yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), merupakan lulusan perguruan tinggi.

Wakil Ketua KPK, Nurul  Ghufron menyebutkan jika dipersantase, koruptor dari lulusan perguruan tinggi tersebut sebesar 86 persen.

Kebanyakan dari mereka bahkan memiliki gelar diatas S-1. Hal itu, menurut Nurul, menunjukkan integritas dunia pendidikan mengalami penurunan.

“Ada data yang menunjukkan 86 persen koruptor yang ditangkap KPK adalah lulusan perguruan tinggi, tentu itu ironis sekali,” kata Nurul Ghufron dalam kuliah umum yang digelar secara luring terbatas dan daring di Universitas Jember (Unej), Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :  PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang, PTM di Sekolah Diatur Seperti Ini

Integritas serta muruah dunia pendidikan perlu dijaga. Dirinya menegaskan terutama pada perguruan tinggi atau kampus sebagai lembaga yang mencetak lulusan intelektual.

Menjadi anggota dewan bukan perkara mudah untuk berjalan dari bawah. Lulusan perguruan tinggi dengan title serta kompetensi yang mumpuni saling bersaing untuk mendapatkan kursi dewan.

Baca Juga :  Akhir Petualangan Komplotan 3 Pemuda Begal Sadis di Depok. Waspada Begini Modusnya Saat Beraksi, Selalu Pakai Bacokan

Oleh karena itu, lanjut dia, perguruan tinggi wajib mencetak lulusan yang berintegritas. Jika dunia pendidikan gagal mencetak lulusan yang berintegritas, potensi tindak pidana korupsi akan terus muncul.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua