JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Anthony Ginting Cedera, Hanya Dua Menit Berlaga dan Pilih Mundur dari Denmark Open 2021, Apa Penyebabnya?

Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Piala Thomas pekan lalu. Foto: BWF
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pebulutangkis tunggal putra terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, terpaksa menggantungkan mimpinya di turnamen bergengsi Denmark Open 2021. Cedera dirasakan Ginting saat melakoni duel kontra pemain Prancis, Thomas Rouxel. Laga berlangsung di Odense Sports Park, Odense, Denmark pada Rabu (20/10/2021) malam.

Ginting memutuskan retired di saat pertandingan baru berjalan sekitar dua menit saja. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo itu terpaksa mundur, skor berakhir 1-4 untuk kemenangan lawannya, Thomas Rouxel.

Banyak spekulasi muncul di kalangan badminton lovers Indonesia. Pasalnya, Ginting bermain di Court 3. Lapangan tersebut tidak ditayangkan oleh pihak penyelenggara, sehingga penonton hanya bisa memantau pertandingan lewat live score saja.

Selang beberapa jam setelah pertandingan, pihak Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akhirnya buka suara mengenai insiden yang dialami Ginting.

Kasubid Pengembangan Sport Science sekaligus pelatih fisik PBSI, Iwan Hermawan mengungkapkan, otot pinggang Ginting mengalami over-use.

“Ginting sakit bagian pinggang kalau ada gerakan rotasi,” ujar Iwan dilansir dari @badminton.ina pada Kamis (21/10/2021)

“Sudah dicek dokter dan fisioterapis, ototnya over-use setelah dua turnamen kemarin,” pungkasnya.

Faktor kebugaran memang menjadi masalah serius bagi atlet saat ini. Pasalnya, turnamen beruntun BWF membuat waktu pemulihan para pebulutangkis sangatlah minim.

Denmark Open 2021 yang diselenggarakan 19 – 24 Oktober 2021 ini hanya berjarak dua hari saja dari final Piala Thomas. Ajang berlevel superseries 1000 ini juga cuma berselang tiga hari dari babak final Piala Uber.

Hal itu tak disangkal oleh Ginting. Pemain asal Cimahi itu berterus terang bahwa pinggangnya sudah mulai sakit sejak bermain di partai puncak Piala Thomas. Waktu istirahatnya selama dua hari memang tak cukup memberikan recovery yang maksimal.

“Sebenarnya sudah terasa agak sakit di pinggang waktu pertandingan final Piala Thomas. Kemarin ada jeda istirahat dua hari, sempat coba buat recovery tapi mungkin tidak cukup hanya dua hari. Jadi saya memutuskan buat menarik diri dari pertandingan Denmark Open,” jelas Ginting. Linda Andini Trisnawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com