JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Anno 1850, Ada Pembibitan Kopi Zaman Belanda di Gondosini Desa Conto Kecamatan Bulukerto Wonogiri Ternyata

Obyek wisata
Panorama memikat Desa Conto Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Masyarakat Wonogiri wajib berbangga diri. Pasalnya banyak tersimpan bukti sejarah zaman dulu di kabupaten ujung tenggara Jateng tersebut.

Salah satu bukti itu belum banyak diketahui publik. Hal menarik ini erat kaitannya dengan dunia perkopian. Ternyata pernah ada pusat pembibitan kopi di Wonogiri pada zaman penjajahan Belanda.

Nah, pusat alias sentra pembibitan kopi tersebut bernama Gondosini. Kini daerah Gondosini masuk di wilayah Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Baca Juga :  Ini Solusi Permanen Kekeringan di Wonogiri Selatan, Waduk Pidekso Bisa Sediakan Air Baku Hingga 300 Liter perdetik

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cinta Conto Desa Conto, Asef Indrianto mengungkapkan pembibitan kopi di Gondosini dibangun Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran membangun pembibitan kopi di Gondosini sekitar tahun 1850 silam.

“Pembibitan kopi Gondosini letaknya di sekitar sungai Gondosini,” kata Aset kepada wartawan, Rabu (21/10/2021).

Baca Juga :  Joss Tenan, Damkar Wonogiri Sukses Evakuasi 131 Sarang Tawon 7 Ular dan 2 Biawak 2 Tak Cuma Padamkan Kebakaran

Setelah dibangun, pembibitan kopi semakin berkembang hingga ke beberapa lokasi di sekitar Gondosini. Selanjutnya muncullah nama Conto setelah Gondosini.

“Kata conto berasal dari percontohan karena desanya dijadikan kebun percontohan kopi,” terang Asef.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua