JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Asal Dikontrol dan Stabil, Komorbid Tak Jadi Halangan Untuk Vaksinasi Covid-19

ABG cantik menangis sesenggukan ketakutan disuntik vaksin di balai desa Tangkil. Foto/Wardoyo

JOGLOSEMARNEWS.COM Komorbid atau penyakit penyerta terkadang membuat seseorang khawatir disuntik vaksin Covid-19. Sejatinya, komorbid tidak menjadi halangan ketika vaksinasi akan dilangsungkan.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlina Burhan mengungkapkan, meskipun memiliki komorbid, seseorang masih bisa menerima dosis vaksin. Namun perlu diingat, penyakit penyerta itu harus bisa dikontrol dan calon penerima vaksin dalam kondisi stabil.

Baca Juga :  Ingin Turunkan Berat Badan, Tak Perlu Diet Ketat dan Memforsir Tubuh

“Semua komorbid layak divaksin asalkan dalam kondisi stabil, tidak ada serangan dan dalam keadaan tidak sedang sakit,” tutur Erlina dilansir dari Republika, Rabu (20/10/2021)

‘Kalau masih bengkak dan sakit, bukan hanya autoimun, penyakit lain kalau masih sakit tidak boleh divaksin,” sambungnya.

Baca Juga :  Dongkrak Capaian Vaksinasi di Boyolali, Dinkes Terus Lakukan Penyisiran dari Rumah ke Rumah

Erlina mengingatkan bahwa masyarakat umum, terkhusus lansia perlu mewaspadai gejala komorbid yang timbul menjelang disuntik vaksin, terutama bagi penyandang autoimun.

Oleh sebab itu, skrining kesehatan bagi calon penerima vaksin Covid-19 sangatlah penting. Tahapan sebelum penyuntikan itulah yang dapat menyelamatkan penerima vaksin lebih dini.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua