JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Benda ini yang Perlu Dipasang dan Wajib Ada Sebelum Jalan Lingkar Kota Alias JLK Difungsikan

Jalan lingkar
Uji coba jalan lingkar kota Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri telah menggelar uji coba difungsikannya Jalan Lingkar Kota (JLK), Kamis (7/10/2021). Ada sejumlah catatan dari pelaksanaan uji coba selama sekitar tiga jam tersebut.

Di antaranya adalah perlunya pasangan sejumlah rambu. Ini mengingat ada beberapa titik di jalur JLK yang rawan longsor, ada tanjakan, tikungan, maupun turunan tajam.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri Waluyo mengatakan uji coba JLK berjalan lancar tanpa ada insiden yang terjadi. Uji coba berlangsung sesuai rencana mulai pukul 07.00-10.00 WIB.

Saat uji coba dilakukan, kendaraan angkutan barang seperti truk dan bus antar kota antar provinsi (AKAP) kecuali bus jurusan Pacitan-Solo diarahkan untuk melewati rute JLK, dari Bulusulur, Pencil dan Krisak. Panjang rute itu hampir 16 kilometer.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

“Kita memang melakukan uji coba lintas sektoral bersama dengan DPU dan juga Satlantas. Nanti akan kita tuangkan dalam bentuk data hasil uji coba,” kata Waluyo.

Ada beberapa catatan dari Dishub atas uji coba JLK kali ini. Waluyo mengatakan salah satunya adalah dibutuhkannya rambu-rambu lalu lintas untuk dipasang di JLK demi keselamatan pengendara jalan.

“Misalnya rambu-rambu di titik persimpangan jalan. Saat uji coba, tim gabungan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah titik persimpangan,” sebut Waluyo.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Kejahatan Selama Maret 2024, Perzinahan Mendominasi

Selain itu dibutuhkan rambu khusus area rawan longsor di JLK utamanya di jalur belakang Mapolres Wonogiri. Untuk diketahui, longsoran tebing tanah sudah beberapa kali terjadi di JLK. Bahkan sempat menutup sebagian badan jalan. Saat uji coba JLK, memang belum ada rambu-rambu yang terpasang. Mulai dari rambu turunan, tanjakan, dan lain sebagainya.

Soal kemungkinan pemasangan traffic light atau lampu lalu lintas di titik rawan kecelakaan pihaknya belum bisa memastikannya. Akan ada pembahasan lebih lanjut terkait hal itu bersama dengan OPD lain. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com