JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Prodi S2 Biologi UNS Gelar Webinar Manajemen Sitasi

Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Manajemen sitasi dinilai penting untuk dipahami oleh para dosen peneliti ketika mereka hendak menuliskan hasil penelitiannya.

Dengan latar belakang itulah, Prodi Pascasarjana Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta mengadakan Webinar Manajemen Sitasi pada Selasa (5/10/2021).

Acara tersebut dihadiri setidaknya oleh 44 partisipan dari S1 dan S2 Pendidikan Biologi dengan menghadirkan narasumber Dr Bowo Sugiharto, Kepala Prodi Pascasarjana Pendidikan Biologi, UNS Surakarta.

Dalam paparannya, Bowo menjelaskan bagaimana mencari sumber referensi yang baik. Teknik dalam mensitasi referensi, hingga memetakan sumber-sumber referensi tersebut menggunakan software VOS viewer.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Menurut Bowo, kegiatan mensitasi hingga membuat daftar pustaka tak akan repot jika peneliti tahu bagaimana teknik mensitasi dengan benar menggunakan software-software komputer, seperti mendeley ataupun zotero.

“Yang perlu diingat dalam mensitasi adalah peneliti harus mengikuti gaya selingkung dari jurnal yang akan dijadikan tempat untuk mensubmit karya ilmiahnya,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Gaya selingkung dari jurnal yang satu dengan jurnal lainnya, menurut Bowo berbeda. Apabila peneliti tidak memahami cara mensitasi dengan efektif, maka akan timbul kebingungan dari diri peneliti ketika akan menyesuaikan gaya penulisan sitasi dan daftar pustaka pada karya ilmiahnya dengan ketentuan pada jurnal.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

 Sampai pada sesi diskusi dan tanya jawab, peserta tampak antusias. Beberapa peserta bahkan menanyakan tentang bagaimana mendownload dan menginstall aplikasi publish or perish, teknik dalam mengimpor referensi bentuk RIS ke dalam aplikasi Mendeley, dan cara mensitasi sumber referensi berbentuk website melalui aplikasi Mendeley. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com