JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Daftar 10 SMA Terbaik se-Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK, Dari Yogyakarta Ada 2

Iustrasi guru sedang mengajar di Sekolah. Pexels
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbudristek merilis daftar SMA terbaik di tahun ini.

Ranking atau peringkatan dilakukan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di tahun 2020 dan 2021.

Pengambilan nilai ditentukan dari total nilai UTBK 2020 sebesar 50 persen dan UTBK 2021 sebesar 50 persen.

Sedangkan nilai UTBK 2021 dihitung berdasarkan nilai tes potensi skolastik (TPS) 60 persen serta tes potensi akademik (TKA) 40 persen.

Dikutip dari laman LTMPT, ini daftar 10 SMA terbaik berdasarkan nilai UTBK di tahun 2021.

1. MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

MAN Insan Cendekia (IC) Serpong adalah Madrasah Aliyah Negeri setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berasrama yang dibina oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. MAN IC Serpong menerapkan prinsip pencapaian tertinggi dan mendalam, dan keseimbangan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa.

Dalam rekruitmen siswa, sekolah ini menerapkan seleksi secara ketat calon siswanya, yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2010 semua siswanya mendapatkan beasiswa penuh. Beasiswa penuh ini berlaku hingga tahun 2016, kemudian setelah itu beasiswanya tidak lagi penuh semenjak menjamurnya MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.

2. SMAN UNGGULAN M.H. THAMRIN

SMA Unggulan M, H Thamrin merupakan salah satu dari SMA Negeri di DKI Jakarta dan satu-satunya sekolah Negeri yang memiliki gelar “Unggulan” sebagai nama panjangnya.
SMA ini dibuka oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mewadahi anak-anak yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata dan IQ setara atau lebih dari 120. Sekolah ini berlokasi di bilangan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

SMA ini merupakan sekolah sains bersistem asrama yang menerapkan tiga kurikulum, yaitu Standar Isi (Kurikulum Nasional), Cambridge dan Olimpiade/Paralimpiade Sains. Penerimaan sekolah ini memiliki sistem PPDB sediri yang berbeda dengan sekolah Negeri yang lain dan melalui 3 tahap.

3. SMAN 8 JAKARTA

SMA Negeri 8 Jakarta atau dikenal juga dengan nama SMANDEL adalah salah satu SMA Negeri di DKI Jakarta yang memiliki akreditasi A. SMA ini berada di Tebet, Jakarta Selatan. Sekolah ini mulai didirikan didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958 di Taman Slamet Rijadi Jakarta dengan nama SMA Negeri VIII/ABC dengan Sp. Menteri P.D.K. tanggal 21 Agustus 1958 No.

4. SMA UNGGUL DEL

SMA Unggul Del adalah sebuah Sekolah Menengah Atas swasta yang berada di desa Sitoluama, kecamatan Lagu Boti, kabupaten Toba, provinsi Sumatra Utara. Sekolah ini didirikan pada tahun 2012 di bawah naungan Yayasan Del, binaan Luhut Panjaitan. Mayoritas siswa di sekolah ini berasal dari sekitar Danau Toba seperti kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, kota Medan, kota Pematangsiantar, dan daerah lainnya.

5. SMA BPK 1 PENABUR BANDUNG

Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan Kristen yang berada di bawah naungan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat. BPK PENABUR mengelola sejumlah sekolah umum, internasional, dan kejuruan, di Jakarta, Bandung, Cimahi, Cirebon, Bogor, Serang, Bandar Lampung, Metro, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Cianjur, dan Tasikmalaya.

6. SMA 1 KRISTEN BPK PENABUR

SMA ini merupakan SMA di Jakarta yang beralamat di Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 4, Jakarta Barat. SMAK 1 adalah satu dari sekitar 62 sekolah di Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang dikelola oleh Yayasan BPK PENABUR. SMAK 1 dianggap sebagai salah satu sekolah menengah atas yang paling bergengsi di Indonesia.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

7. SMA 3 YOGYAKARTA

SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah salah satu sekolah menengah atas yang berada di Yogyakarta. Sekolah ini lebih dikenal dengan nama PADMANABA atau SMA 3 B, merupakan sekolah menengah tertua di Yogyakarta. Pada zaman pendudukan Belanda, sekolah ini dikenal sebagai AMS (Algemeene Middelbare School) afdeeling (bagian) B (ilmu pasti), kemudian pada zaman pendudukan Jepang, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Tinggi Bagian B Yogyakarta.

8. SMA 5 SURABAYA

SMA Negeri 5 Surabaya, yang juga dikenal dengan akronim Smalabaya, merupakan sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Surabaya. SMA Negeri ini menjadi salah satu eks SMA kawasan di Surabaya. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah rujukan dan bekas Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI).

9. SMA 28 JAKARTA

SMA 28 Jakarta adalah salah satu sekolah yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan . Sekolah ini berstatus sebagai sekolah unggulan DKI Jakarta. Di akhir Tahun Anggaran 2019/2020, SMAN 28 sudah memiliki berbagai fasilitas penunjang kegiatan akademik dan nonakademik. Setiap ruang memiliki fasilitas keamanan CCTV dan AC.

10. SMA 1 YOGYAKARTA

SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan salah satu SMA di Yogyakarta. Oleh masyarakat Yogyakarta, sekolah ini sering disebut juga dengan nama SMA Teladan. Sekolah ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan para siswa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com