JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gegara Arang Terbang Picu Kebakaran Barongan Bambu di Sidoharjo Sragen. Warga Sempat Panik dan Berhamburan

Petugas pemadam dan aparat saat melakukan pemadaman kebakaran di barongan bambu Desa Bentak, Sidoharjo, Sragen, Kamis (7/10/2021) pagi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musibah kebakaran terjadi di Dukuh Sumber, RT 14, Desa Bentak, Sidoharjo, Sragen, Kamis (7/10/2021) pagi.

Sebuah barongan bambu atau rumpun bambu di wilayah itu dilalap si jago merah. Meski tidak ada korban jiwa, musibah itu sempat membuat kepanikan warga sekitar.

Api diduga berasal dari arang pembakaran sampah di dekat lokasi yang terbang mengenai rumpun bambu.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden itu terjadi pukul 08.30 WIB. Bermula ketika salah satu warga, Samin (57) berniat membersihkan rumpun bambu yang kumuh di dekat masjid.

Baca Juga :  Geger di Jembatan Gunung Kemukus Sragen, Warga Menemukan Pria Tanpa Identitas Dalam Kondisi Sakit, Polisi Dibantu Warga Lakukan Evakuasi

Ia kemudian mengumpulkan daun maupun ranting bambu kering untuk kemudian dibakar.

Tanpa sengaja, arang api pembakaran itu berterbangan ke arah barongan tersebut. Celakanya, terbangan arang api mengenai daun bambu yang mengering di barongan.

Dari arang itu kemudian muncul percikan api dan menyulut kobaran api. Kebakaran pun tak terhindarkan. Melihat api makin membesar, Samin pun panik dan memberitahu tetangganya.

Sempat berupaya melakukan pemadaman swadaya, namun api makin tak terkendali. Sehingga mereka memutuskan melapor ke Damkar Sragen.

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

Warga sekitar juga sempat berhamburan membantu pemadaman dan mencegah agar api tak sampai merembet ke permukiman. Tak lama berselang, mobil Damkar tiba untuk membantu pemadaman.

Setelah berjibaku hampir satu jam lebih, kobaran api baru bisa dijinakkan. Akibat kejadian itu, barongan bambu tersebut sebagian hangus terbakar.

Kasi Humas Polres Sragen, AKP Suwarso membenarkan laporan kebakaran itu. Menurutnya tidak ada korban jiwa dan material yang terbakar adalah barongan bambu.

“Sudah tertangani oleh tim pemadam kebakaran bersama warga,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com