JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jangan Panik, Terjadi Kelangkaan Solar Begini Langkah yang Diambil Pemerintah

Kelangkaan BBM
Driver perempuan membagikan bunga kepada calon penumpang di sebuah pool PO bus di Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pertamina mengharap tidak terjadi kepanikan di tengah masyarakat. Menyusul kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Kota Sukses Wonogiri.

Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan pasca pelonggaran PPKM, aktivitas masyarakat berangsur normal. Hal itu juga mengakibatkan permintaan BBM lebih tinggi.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan langkah terkait meningkatnya demand BBM jenis solar. Salah satunya menambah pasokan solar di sejumlah SPBU yang memiliki permintaan solar tinggi. Pihaknya berharap antrean akibat kelangkaan solar di sejumlah daerah termasuk di Wonogiri bisa segera teratasi.

Baca Juga :  31 Rumah Terendam Dampak Banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri, Ketinggian Air Capai Setengah Meter

“Saat ini kita distribusi dan monitor terus. Masyarakat tak perlu panik dan mengisi BBM sesuai kebutuhannya,” kata Brasto, kepada wartawan, Kamis (22/10/2021).

Dia menuturkan, Pertamina terus mendorong agar penyaluran dapat tepat sasaran sesuai peruntukannya. Hal tersebut dijalankan melalui berbagai edukasi dan aktivasi yang dijalankan kepada masyarakat maupun konsumen. Penerima manfaat dari produk BBM subsidi tersebut sudah diatur dalam regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014.

Baca Juga :  Kecelakaan di Dokeso Desa Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri, Honda Vario Serempetan dengan Motor Beat, Begini Kondisi Korban

Sementara, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri Edi Purwanto mengatakan kelangkaan solar sudah dirasakan sejak dua pekan lalu. Sejumlah angkutan barang sulit mendapatkan solar di pom bensin.

Contohnya mobil box yang memakai freezer untuk mengangkut daging. Karena susah dapat solar terpaksa mereka memakai dexlite.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua