JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Josss, Begini Cara Menghindari Pinjol dan Bank Plecit Ala Pemkab Wonogiri

Menghindari Rentenir
Penyerahan tabungan untuk anak yatim dari PT BPR BKK Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena pinjaman online alias pinjol ilegal marak belakangan. Apalagi kalau bukan soal mudahnya mendapatkan pinjaman dengan segala konsekwensinya, seperti bunga tinggi hingga sistem penagihan yang super menyakitkan.

Jauh sebelum pinjol, sebenarnya di tengah masyarakat sudah marak pinjaman konvensional berbunga tinggi. Publik Wonogiri kerap menyebutnya sebagai bank plecit, pasalnya sistem menagihnya 11-12 atau mirip dengan pinjol. Peminjam dikejar hingga terbirit-birit alias diplecit, bahkan sampai ditunggui di depan rumah.

Singkat cerita, pinjaman dengan nama dan model apapun yang menjerat masyarakat itu, akhirnya membuat Pemkab Wonogiri mencari cara solutif. Prinsipnya adalah memberikan pinjaman ekstra lunak kepada masyarakat. Lunak soal persyaratan, lunak bunganya, dan lunak menagihnya. Ini sebagai tameng jeratan bank plecit maupun pinjol ilegal.

Baca Juga :  Pasca Kasus Penyelundupan Sabu dalam Sate Lontong Begini Langkah yang Diambil Lapas Kelas II B Wonogiri

Lantas, Pemkab Wonogiri beberapa tahun lalu, meluncurkan kredit murah yang bisa dinikmati secara mudah oleh warga. Kredit murah tersebut bertujuan mengentaskan warga dari jeratan rentenir dengan kedok nama apapun.

Program kredit murah itu diberi nama Mentari (Mengentaskan Jeratan Rentenir). Pemkab Wonogiri menunjuk PT BPR BKK Wonogiri sebagai pelaksana pengucuran layanan kredit murah.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengaku prihatin dengan banyaknya praktik rentenir di pasar-pasar tradisional di daerahnya, termasuk hingga konsumen ibu rumah tangga. Sehingga, dengan pelayanan kredit murah itu bersama jajaran PT BPR BKK Wonogiri pihaknya menyatakan perang melawan rentenir.

Baca Juga :  Kasus Guru PNS Cabul Sidoharjo Wonogiri Korban Semua Laki-laki, Terancam Kurungan 20 Tahun

Dikatakan, warga bisa mendapat pinjaman (kredit) Mentari Rp2 juta tanpa agunan dan bunga jasa hanya 3 persen/tahun. Syaratnya bisa menghubungi kantor PT BPR BKK Wonogiri terdekat. Saat ini pinjaman kredit mentari sudah tersalurkan bagi pelaku UMKM sekitar Rp 4 miliar.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua