JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mahasiswa UGM Ciptakan Dentoport, Hilangkan Kekhawatiran Masyarakat Pada Masa Pandemi

Ilustrasi pemeriksaan gigi / pexels
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masa Pandemi mengharuskan masyarakat untuk saling menjaga jarak bahkan untuk sebatas komunikasi.

Penularan melalui udara atau cairan yang dihasilkan ketika seseorang berbicara mengharuskan kita memakai masker.

Pemeriksaan gigi menjadi salah satu yang terdampak dari pandemi ini karena kekhawatiran penyebaran virus Covid-19.

Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM mencari solusi dengan penggunaan aplikasi LINE sebagai sarana pendukung pemantauan kesehatan gigi dan mulut jarak jauh berbasis teledentistry melalui potret gigi.

Program ini dijalankan di SMP Negeri 2 Bantul dengan dana hibah dari  Kemdikbud Ristek. Tiffany Winata, Tiara Evita Sari, Fariz Attar Aulia, Keysa Izza Kurnia, dan Rania Banurisya, dengan dosen pendamping Hendri Susanto sebagai pencetus program ini.

Melansir dari Liputan6.com, Tiffany menjelaskan, siswa-siswi SMP Negeri 2 Bantul memotret gigi mereka dari 5 sisi yaitu depan, samping kanan, samping kiri, serta permukaan kunyah atas dan bawah ke Official Account LINE sebagai sarana komunikasi dan konsultasi.

Baca Juga :  KPU RI Diminta Tunda Penetapan Prabowo-Gibran! Tim Hukum PDIP Klaim Gugatannya Diterima PTUN untuk Disidangkan

“Fotografi merupakan salah satu kegemaran yang paling umum di kalangan remaja saat ini, sehingga siswa mitra hanya perlu sedikit pelatihan untuk bisa mengambil foto gigi dan rongga mulut yang baik,” kata Tiffany Winata,  (11/10/2021).

Melalui akun LINE siswa juga mendpapat edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut berupa video, slide infografis, serta pemberian kuis interaktif untuk mengukur pengetahuan siswa-siswi mitra.

“OA LINE ini kami beri nama DENTOPORT, singkatan dari Dental Online Report. Sebab, setelah pengiriman setiap potret, kami akan memberikan laporan penilaian kondisi kesehatan gigi dan mulut mereka disertai rekomendasi perilaku pencegahan yang dapat dilakukan di rumah.” Ujar Tiffany.

Program DENTOPORT yang telah dilakukan sejak bulan Juni hingga September 2021 dengan jadwal empat kali pengambilan potret gigi dan mulut. Selama jangka waktu tersebut, terdapat perubahan positif peningkatan kebersihan gigi setelah mendapatkan edukasi cara pembersihan gigi yang baik dan benar.

Baca Juga :  Gunung Ruang Meletus 828 Warga Dievakuasi

Sebelum konten terkait kesehatan gigi diunggah, tim meninjau meninjau terlebih dahulu tingkat pengetahuan siswa mitra dengan mengirimkan kuis singkat yang menarik dan sederhana.

“Selain menggunakan potret gigi sebagai sarana identifikasi kesehatan gigi dan mulut, tim kami juga menyediakan berbagai konten edukasi kesehatan gigi dan mulut dalam bentuk video dan slide infografis yang dapat diakses oleh siswa mitra melalui OA LINE DENTOPORT,” imbuh Fariz.

Program DENTOPORT kedepannya akan berkolaborasi dengan puskesmas daerah dan dapat diadopsi dalam program Unit Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) yang dapat dijadikan alternatif pada masa pandemi. Maulana Yusuf

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com