JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Selain Manis, Jenis-Jenis Pisang di Indonesia Ini Bernilai Ekonomis

Pisang. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tanaman pisang merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Ada berbagai jenis pisang yang banyak tumbuh di Indonesia.

Buah pisang mengandung mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin C, kalsium, dan betakarotein.

Selain kaya akan nutrisi, pisang juga bernilai ekonomis yang tinggi.

Bahkan pisang disebut-sebut sebagai komoditas hortikultura yang terpenting, selain beras, susu, dan gandum. Di

Berikut ini adalah beberapa jenis pisang di Indonesia dan cara mengolahnya.

Pisang Raja

Pisang raja adalah pisang yang memiliki cici-ciri buah yang melengkung sedikit ke atas dan memiliki kulit tebal dan kasar. Salah satu keunggulan dari pisang raja adalah memiliki bau yang harum dan ukurannya yang pas. Pisang ini bisa dikonsumsi langsung tanpa harus digoreng, direbus, maupun dikukus. Di samping itu, pisang ini juga cocok untuk diolah menjadi keripik pisang dan pisang sale.

Pisang Mas

Pisang mas adalah pisang yang berwarna keemasan dan memiliki daging buah yang manis. Pisang jenis ini cocok untuk dimakan langsung maupun digoreng. Karena bentuknya yang kecil dan mungil serta rasanya yang manis, pisang ini cocok bagi anak balita.

Pisang Kepok

Pisang kepok memiliki tekstur yang terbal serta daging buah yang halus. Pisang ini cocok jika direbus atau digoreng terlebih dahulu. Selain itu, pisang ini juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan kue atau bolu.

Pisang Nangka

Pisang ini memiliki tekstur buah yangtebal dan berwarna hijau dan rasa pisang ini unik karena memiliki rasa nangka manis yang sedikit asam dan aromanya yang harum. Pisang nagka cocok untuk diolah menjadi cemilan.

Pisang Ambon Lumut

Pisang ini berbentuk lurus dengan kulit yang tebal. Selian itu, pisang ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang sangat manis dibandingkan jenis pisang-pisang lain. Pisang ini cocok untuk dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu.

Selain kelima pisang tersebut, masih banyak jenis-jenis pisang lain yang bernilai ekonomis, seperti pisang lampung, pisang tanduk, pisang cavendish, dan beberapa jenis pisang yang lain.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com