JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Selamat! Jateng Boyong Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Empat Kali Berturut-Turut

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menerima penghargaan. Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil memboyong penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Jateng telah empat kali berturut-turut memenangkan reward yang diprakarsai Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini.

Kabar membanggakan kali ini tentunya lebih spesial. Jateng menjadi yang terbaik berkat mendapatkan penghargaan kategori Mentor, suatu penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya.

Penghormatan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam pembangunan sektor perempuan dan anak. Strategi pengarusutamaan gender juga menjadi fokus utamanya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut bersyukur atas pencapaian yang sangat menggembirakan ini. Ganjar mengapresiasi serta mengucapkan selamat pada semua pihak yang telah berusaha semaksimal mungkin demi mewujudkan kesetaraan gender di Jateng.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Bagi Ganjar, pengarusutamaan gender memang menjadi fokus utama dalam pemerintah yang dijalankannya.

“Karena selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan. Gender bukan penghalang meraih kesuksesan,” ujarnya dikutip dari Portal Resmi Provinsi Jateng, Kamis (14/10/2021).

“Jadilah manusia sebaik-baiknya dan jalani kehidupan ini sehormat-hormatnya. Kami yang berada di pemerintahan Provinsi Jawa Tengah meyakini dan menjalankan prinsip itu dengan seksama, agar bisa memberikan pengabdian yang optimal,” lanjutnya.

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021 secara daring. Menurutnya, pengarusutamaan gender, merupakan strategi yang harus melandasi pembangunan dengan memberdayakan perempuan dan laki-laki untuk bisa keluar dari kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Apresiasi besar ini diperuntukkan kepada 13 kementerian/lembaga, 29 pemerintah provinsi dan 266 kabupaten/kota.

Tak hanya mendapat penghargaan tertinggi,
Jateng turut mengantongi banyak penghargaan melalui pemerintah daerahnya. Kabupaten Rembang juga berhasil memenangkan kategori Mentor.

Sementara itu, 12 kabupaten/kota di Jateng mendapat penghargaan kategori Utama, 13 kabupaten/kota mendapat kategori Madya dan delapan kabupaten/kota meraih penghargaan kategori Prat.

Prestasi membanggakan ini tentunya juga menjadi motivasi untuk menggenjot pengarusutamaan gender. Entah laki-laki maupun perempuan, semua masyarakat Indonesia memiliki hak yang sama. Linda Andini Trisnawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com