JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siap-siap Mau Hujan, Pencarian dan Perluasan Mulut Luweng Gencar di Pracimantoro Wonogiri Digadang gadang Bisa Antisipasi Banjir

Luweng
Upaya pengerukan mulut luweng di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Foto : Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Banjir akibat tersumbat atau tertutupnya mulut luweng kerap terjadi di wilayah Wonogiri selatan, salah satunya Kecamatan Pracimantoro. Sebagai langkah antisipasi pencarian dan perluasan mulut luweng gencar digelar.

Camat Pracimantoro Warsito mengatakan mendekati musim penghujan, pencarian mulut luweng dilakukan di Desa Joho. Luweng itu diharapkan bisa menjadi solusi masalah banjir yang sering terjadi di sejumlah titik.

“Masyarakat berharap nanti kalau hujan sudah tidak banjir lagi. Untuk akhir-akhir ini disini belum diguyur hujan cuma mendung saja,” kata Camat, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :  Jadwal PTM Wonogiri Dimulai Senin 18 Oktober 2021, Apakah Pihak Sekolah Sudah Siap?

Sementara, belum lama ini dilakukan pencarian mulut luweng baru di Desa Joho Kecamatan Pracimantoro. Luweng itu diharapkan bisa menjadi solusi masalah banjir di wilayah setempat.

Advertisement

Relawan Pencari Luweng asal Desa Sumberagung Pracimantoro Saryono mengatakan pihaknya melakukan pencarian mulut luweng di Dusun Gandu Desa Joho Kecamatan Pracimantoro sejak beberapa waktu lalu. Pencarian itu dilakukan lantaran di wilayah itu sering terjadi banjir saat musim hujan.

Baca Juga :  Dapat Teror dan Ancaman dari Pinjol, Langkah Berikut ini yang Sebaiknya Dilakukan

Mulut luwengnya sudah ada. Tapi posisinya agak tinggi, sekitar delapan meter, tidak jauh dari lokasi yang rawan banjir. Rencananya, tanah di sekitar luweng akan dikeruk hingga rata dengan dataran yang rawan banjir.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua