JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

UNJ Akan Beri Gelar Doktor Honoris Causa untuk Ma’ruf Amin, Koalisi Kebebasan Akademik Menolak

Ma'ruf Amin / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berniat untuk memberikan gelar doktor honoris causa kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Akan tetapi, niat tersebut rupanya terganjal oleh sikap Koalisi untuk Kebebasan Akademik. Pihak Koalisis menolak penghapusan larangan pejabat menerima gelar Doktor Honoris Causa.

Aturan itu tertuang dalam Pedoman Penganugerahan Doktor Kehormatan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Koalisi melihat, pemberian gelar honoris kausa kepada pejabat bisa mengurangi integritas kampus UNJ dan menumbuhkan konflik kepentingan dalam lingkungan perguruan tinggi.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Sudah Capai 93 Juta Warga

“Upaya penghapusan ketentuan tersebut bukanlah harmonisasi peraturan, melainkan bentuk kejahatan legislasi karena melegitimasi tindakan pelanggaran hukum dengan memanfaatkan kewenangan yang dimiliki,” demikian keterangan Koalisi untuk Kebebasan Akademik, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Koalisi mendukung langkah Aliansi Dosen UNJ yang konsisten menolak rencana pemberian gelar doktor honoris causa kepada pejabat, dalam hal ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kami mengecam segala tindakan yang menghalangi Aliansi Dosen Universitas Negeri Jakarta dalam menyampaikan kritik terhadap rencana pemberian gelar Doktor Honoris Causa,” demikian tulis koalisi yang terdiri dari 21 organisasi dan 15 individu ini.

Baca Juga :  Detik-Detik Kecelakaan Mobil Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Mobil Sempat Melayang Lalu Terbalik dan Ringsek

Dua hari lalu, UNJ menggelar Sarasehan “Bedah Regulasi Pemberian Gelar Doktor Kehormatan” yang mengundang sejumlah pihak.

 

Dalam acara tersebut, Ketua Bidang Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ) Yusherman meminta Rektor UNJ memberikan sanksi terhadap aliansi dosen yang menolak rencana pemberian gelar doktor honoris causa kepada pejabat.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua