JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Vaksin Dinilai Ampuh Cegah Kerusakan Fatal pada Paru-Paru, Hasil Rontgen ini Membuktikannya

Hasil rontgen paru-paru pasien Covid-19 yang sudah divaksin (kiri) vs belum divaksin (kanan). Foto: Dok Dr. Sam Durani/ Republika

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tidak ada vaksin Covid-19 yang 100% mampu mencegah virus tersebut masuk ke tubuh manusia. Namun, vaksin terbukti mampu menjadi tameng perlindungan lebih untuk paru-paru pasien yang terkonfirmasi positif. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil rontgen yang diungkap Kepala staf Deer Valley Medical Center di Arizona, Amerika Serikat, dr. Sam Durrani.

Ia membagikan perbandingan rontgen kondisi paru-paru pasien positif Covid-19 yang sudah divaksinasi dengan yang belum divaksinasi. Setelah diamati, keduanya mempunyai perbedaan yang mencolok.

Baca Juga :  Jangan Terkecoh, Banjir Keringat Saat Olah Raga Belum Tentu Kalori Terbakar, Lho!

Hasil rontgen pasien yang telah divaksinasi menunjukkan udara lebih banyak mengalir, dengan sebagian besar paru-paru berwarna hitam. Hal ini menunjukkan tidak ada kerusakan. Sebaliknya, hasil rontgen dari pasien yang tidak divaksinasi menggambarkan paru-parunya tersumbat, kemudian membatasi aliran oksigen ke seluruh tubuh.

“Satu-satunya orang yang benar-benar sakit adalah orang yang tidak divaksinasi. Mereka sering kali membutuhkan ventilasi dan oksigen,” ujar dr. Durrani seperti dilansir Republika dari situs The Sun, Senin (25/10/2021).

Baca Juga :  Waspadai Radang Sendi, Cek Penyebabnya dan Simak Cara Mengatasinya

“Pasien yang sudah divaksin dan terkena breakthrough infection (infeksi terobosan) dengan gejala sesak napas, kondisi mereka tidak seburuk pasien yang tidak divaksinasi. Bahkan breakthrough infection yang berakhir dengan pneumonia, CT scan mereka masih tidak seburuk pasien yang tidak divaksinasi,” sambungnya menjelaskan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua