JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

24 Desember – 2 Januari PPKM Level 3 Diterapkan Serentak, Pemerintah Diminta Waspadai Mobilitas Sebelum Itu

Ilustrasi. Penutupan jalur di Sragen Kota selama PPKM Darurat. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah telah mengumumkan rencana penerapan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM)  level 3 secara merata di seluruh Indonesia jelang Natal dan Tahun baru besok.

Namun Pemerintah disarankan untuk mewaspadai kemungkinan tingginya mobilitas masyarakat sebelum PPKM Level 3 diberlakukan.

Hal itu dikemukakan oleh  mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama.

Penerapan PPKM Level 3 di seluruh daerah  itu rwncananya akan berlangsung pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Baca Juga :  Batal Digelar di Monas, Reuni 212 Dipindah ke Masjid Az Zikra Sentul dengan Jumlah Terbatas

Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat libur Natal dan tahun baru.

“Kalau disebutkan bahwa dari sekarang diumumkan supaya masyarakat jangan terlanjur beli tiket, maka perlu diwaspadai juga kemungkinan tingginya mobilitas pada Kamis 23 Desember atau sebelumnya,” kata Tjandra dalam keterangannya, Sabtu ( 20/11/2021).

Tjandra mengatakan masih ada waktu 1 bulan sebelum penerapan PPKM Level 3. Dari pengalaman yang ada, maka situasi Covid-19 dapat berubah dalam hitungan hari atau pekan, sehingga keputusan akhir baiknya dilakukan ke lebih dekat dari waktu pelaksanaannya.

Baca Juga :  Terbongkar, 225 Peserta Seleksi CPNS Terbukti Curang Saat Jalani SKD. Langsung Dicoret oleh BKN, Simak Daftarnya di Sini!

“Sejauh ini tentu kita belum tahu pasti tentang bagaimana situasi epidemiologik nanti di hari-hari akhir Desember 2021,” kata dia.

Menurut Tjandra, Covid-19 masih banyak memiliki aspek unpredictibility. Misalnya, ada atau tidaknya varian baru, walaupun sampai sekarang belum ada laporan jelas tentang varian baru Covid-19 yang amat mengkhawatirkan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua