JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Angka Reproduksi Covid-19 di Jawa-Bali Naik, Menko Luhut Minta untuk Waspada

Ilustrasi grafik kasus covid-19. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski kondisi sudah mulai melandai,namun  disinyalir telah terjadi kenaikan angka reproduksi (Rt) Covid-19 di Jawa-Bali dalam beberapa hari terakhir.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebagaimana diketahui, Rt merupakan angka penambahan kasus setelah mendapatkan berbagai intervensi.

“Saat ini terjadi peningkatan nilai Rt (penambahan kasus aktif nasional). Spesifik di Jawa-Bali, peningkatannya terjadi 4 hingga 5 hari berturut-turut pada periode awal munculnya varian delta,” ujar Menko Luhut dikutip dari siaran persnya, Senin (29/11/2021).

Baca Juga :  Ancaman Omicron Diprediksi Meledak di Maret-April. Bupati Sragen Mulai Siagakan Satgas sampai Desa, Semoga Tidak Masuk Sragen!

Lebih lanjut, dia menyampaikan, berdasarkan hasil asesmen 27 November 2021, terdapat 23 kabupaten/kota yang statusnya naik dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 ke level 2.

Kemudian, 8 kabupaten/kota yang masuk ke dalam PPKM level 1.

“Berdasarkan asesmen dari World Health Organization (WHO), 10 kabupaten/kota yang kembali ke level 2 di antaranya berada di wilayah Jabodetabek yang terjadi akibat turunnya angka tracing (penapisan) anggota aglomerasi di wilayah Jabodetabek,” jelasnya.

Baca Juga :  Catat! Pemerintah tak Buka Formasi CPNS 2022, Tapi Hanya Rekrut PPPK

Menko Luhut menyebut mobilitas masyarakat saat ini sudah cukup signifikan dibandingkan data pada periode Nataru 2020 dan mendekati periode Libur Idul Fitri 2021.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua