JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

Diguyur Hujan Deras. Banjir Melanda Lima Kecamatan di Pati

Ilustrasi banjir. Foto/JSnews
ย ย ย 

PATI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tingginya intensitas hujan mengakibatkan banjir melanda sebagian wilayah di Kabupaten Pati. Sebagian wilayah di lima kecamatan di Pati tergenang banjir pada Kamis (25/11/2021).

Wilayah terparah di kawasan Desa Glonggong Kecamatan Jakenan, Pati. Hingga Jumat (26/11/2021) pagi ini, ketinggian rata-rata banjir di wilayah tersebut antara 50 sampai 60 centimeter.

Lokasi terdampak antara lain yakni, Kecamatan Tambakromo tepatnya Desa Sinomwidodo, Desa Angkatan Kidul, dan Desa Tambakromo.

Selanjutnya, di Kecamatan Puncakwangi yakni di Desa Sokopuluhan, Desa Tanjungsekar, Desa Plosorejo dan Desa Tegalwiro.

Serta di wilayah Desa Gunungpati di Kecamatan Winong, Desa Gabus di Kecamatan Gabus dan Desa Kayen di Kecamatan Kayen.

Banjir yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Pati dan meluapnya Sungai Sentul tersebut kepung setidaknya 10 Desa di 5 Kecamatan di wilayah administrasi Kabupaten Pati.

Data yang dilaporkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi dari 10 cm hingga 140 cm dan menyebabkan sebanyak 673 Kepala Keluarga (KK) atau 1.195 jiwa terdampak.

BPBD Kabupaten Pati juga melaporkan sebanyak 540 unit rumah warga terdampak dan akses jalan di beberapa titik tergenang air. Hingga saat ini belum ada laporan terkait masyarakat yang mengungsi akibat bencana ini.

BPBD Kabupaten Pati juga telah melakukan upaya penanganan darurat sementara dengan berkoordinasi dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) 5 Kecamatan terdampak guna menyiapkan titik-titik kumpul atau tempat evakuasi sementara, apabila genangan air semakin meningkat.

Sementara itu, pantauan kondisi terkini di lokasi pada Jumat, (25/11) pukul 10.00 WIB cuaca cerah, namun banjir masih menggenangi jalan dan beberapa rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Martinus Budi, menyatakan, 5 Kecamatan di Kabupaten Pati mengalami banjir akibat hujan deras semalam. Di antaranya Kecamatan Pucakwangi, Winong, Tambakromo, Kayen, dan Gabus.

“Pagi ini sudah surut. BPBD akan melaksanakan giat penyemprotan lumpur bekas banjir di jalan Desa Sinomwidodo Kecamatan Tambakromo,” terang Kepala BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi, pada Kamis (25/11/2021).

“Ini berdasarkan informasi awal yang kita terima dari lapangan, total lima kecamatan. Dihitung jumlah desanya, ada sembilan desa,” sambung Martinus.Nor

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com