JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Industri Pengolahan Tembakau Gerakkan Perekonomian Naisonal

Menteri Koordiator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Industri pengolahan tembakau memiliki multiplier effect yang luas dan mampu menggerakkan perekonomian nasional.

Industri tersebut dapat pula mendorong tumbuhnya industri jasa terkait, penyediaan lapangan usaha dari hulu ke hilir, penyerapan tenaga kerja.

“Industri pengolahan tembakau juga memiliki kontribusi cukai pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai salah satu penyumbang pendapatan negara,” papar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ia mengatakan hal itu saat memberikan sambutan pada peresmian Realisasi Investasi Produk Inovatif Berorientasi Ekspor PT HM Sampoerna Tbk di Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga :  Partai Golkar Siap Kawal Tahapan Pemilu 2024

Menko Airlangga menjelaskan, saat ini kinerja industri hasil tembakau di Indonesia mencatatkan kontribusi terhadap APBN pada tahun 2020 sebesar 10,11%.

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp 205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp 170,24 triliun, atau naik sebesar 3,24%.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mencatat produksi rokok mengalami tren penurunan dari tahun 2016 s/d 2018.

Angka produksi terendah terjadi pada tahun 2018 yang tercatat sebesar 332 miliar batang. Pada periode Januari s.d. September, industri rokok berdasarkan jenisnya pada tahun 2021 mengalami total kenaikan produksi secara tahunan sebesar 4,3% atau di angka 235,9 miliar batang.

Baca Juga :  Sudah Lampaui Standar WHO, Satgas Covid-19 Minta Semua Pihak Waspada

Kontribusi industri hasil tembakau terhadap ekspor juga memiliki nilai positif, dimana ekspor cenderung meningkat.

“Namun di masa pandemi ini, kinerja ekspor industri hasil tembakau pada tahun 2020 mengalami sedikit penurunan dari periode sebelumnya sebesar 3,96%,” ujar Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua