JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KSPI Sebut, Upah Minimum 2022 Lebih Buruk dari Orde Baru

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah / Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak menolak keputusan Menteri Ketenagakerjaan mengenai kenaikan upah minimum tahun depan.

Pasalnya, menurut Presiden KSPI, Said Iqbal,  Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan saat ini, bahkan lebih buruk dari masa Orde Baru silam.

Berlandaskan beleid tersebut, diproyeksikan rata-rata kenaikan upah minimum pada tahun 2022 hanya sebesar 1,09 persen. Di samping itu, beleid itu memuat adanya batas bawah dan batas atas pada upah minimum.

“Menaker lebih memberikan proteksi kepada kalangan pengusaha dan pemilik modal, dibandingkan memberi perlindungan kepada kaum pekerja atau buruh atau pegawai yang mengembalikan rezim upah murah jauh lebih buruk dari zaman Soeharto di era Orde Baru,” ujar Said Iqbal dalam konferensi pers, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga :  Varian Omicron Diperkirakan Sudah Muncul di Tengah Masyarakat, Ini Kata Pakar

Menurut Iqbal, setidaknya ada empta alasan mengapa KSPI menolak PP Nomor 36 Tahun 2021.

Pertama, beleid itu dinilai inkonstitusional. Pasalnya, ia mengatakan istilah batas atas dan batas bawah dalam upah minimum tidak dikenal dalam Undang-undang Cipta Kerja. Meskipun, buruh juga menolak UU Cipta Kerja.

“Menaker yang menggunakan PP 36 tahun 2021 itu inkonstitusional karena istilah batas bawah dan atas dalam upah minimum tidak dikenal dalam omnibus law. Kok menjilat ludah sendiri. dasar hukum apa yang digunakan Menaker untuk menentukan batas bawah dan batas atas. Para menteri yang terlibat membuat PP nomor 36 tahun 2021 sunggh membuat permufakatan jahat,” ujar Said Iqbal.

Baca Juga :  Setelah Ditolak di 3 Tempat, Reuni 212 Berlangsung di Sebuah Masjid di Bekasi

Kedua, Iqbal menyebut upah minimum adalah jaring pengaman, hal tersebut merujuk kepada konvensi International Labour Organization. Karena itu, seharusnya nilai upah minimum hanya terdiri dari satu angka saja dan bukan rentang batas atas dan bawah.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua