JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

LKTS Survei Layanan Kesehatan Perempuan dan Anak di Selo Boyolali

ย ย ย 

 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Pandemi Covid-19 yang hingga sekarang masih berlangsung dan menuju endemi berdampak pada tuntutan layanan kesehatan perempuan dan anak. Protokol kesehatan (prokes) harus diterapkan guna meminimalisir penularan namun di sisi lain aktivitas masyarakat tetap harusย  berjalan guna menopang perekonomian.

Keduanya bisa berjalan jika ada kemauan baik dari personal maupun stakeholder yang ada untuk bersama-sama menuju tatanan normal endemi Covid-19. Kesadaran tinggi akan pentingnya prokes oleh masyarakat perlu adanya dukungan sedikit pelonggaran agarย  mata rantaiย  perekonomian harus tetap jalan.

Berangkat dari hal itu Lembaga Kajian untukย  Transformasi dan Sosial (LKTS)ย  menggandengย  Federal Ministry Republic of Austria European and International Affairs melalui Kedutaan Besar Austria di Jakarta menjembatani dan melakukan surveiย  agar mendapat solusi yang terbaik.

LKTS mendorong Pemerintah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jateng agar dapat memaksimalkanย  pelayanan kesehatan kepadaย  perempuan dan anak di masa pandemi Covid-19 ini. Aksesย  pelayanan kesehatan pada Puskesmas setempat juga belum dirasakan maksimal oleh masyarakat, pertimbanganya di antaranya jarak yang jauh danย  medan terjal.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolaliย  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

Koordinator Program LKTSย  Saโ€™adah Assalamah mengungkapkan,ย  kenapa Dusun Gumukrejo menjadi prioritas dalam pendampingan, karena melihat Gumukrejo hanya dihuni 70 KK itupun banyak yang memiliki BPJS mandiri maupun KIS belum dimanfaatkan secara maksimal.

Masyarakat Gumukrejo banyak yang tidak menerapkan PHBS sehingga mereka perlu pendampingan berkelanjutan. Tidak hanya kesehatan bidang lain sepertiย  pemberdayaan perekonomian dan pra koperasi juga dibutuhkan.

“Dengan dibentuknyaย  Kelompok Perempuan Merapi Sumber Rejo diharapkan mampu menjadi pilot projec untuk kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di masa pandemi Covid-19,”ย  jelasnya dalam siaran pers yang diterima Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM .

LKTS juga mengharapkan, kelompok perempuan ini dapatย  memahami pentingnya kesetaraan gender sehingga hak-hak perempuan tidak terabaikan.

“Pemberdayaan ekonomi bertujuan meningkatkan pendapatan perempuan di Gumukrejo. Perempuan Gumukrejo berprofesi sebagai petani buruh sehingga tidak mempunyai penghasilan lain,ย  dari itu kami menjembatani membentuk kelompk UMKM dan Pra Koperasi. UMKM yang memenfaatkan Sumber Daya Alam (SDA)ย  melimpah dapat diolah menjadi nilai ekonomis tinggi, melihat Selo banyak wisatawan luar daerah,” imbuh Sa’adah.

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,ย  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

BPJS Mandiri dan KIS jarang mereka gunakan karena lebih cepat penanganan pada dokter pribadi. Semua pihak baik pemerintah maupun swasta harus mensosialisasikan dalam menggunakan BPJS baikย  mandiri maupun KIS. SDM masyarakat yang rendah perlu adanya pendampigan maksimal dalam rangka mensukseskan program pemerintah menuju Indonesia Sehat.

Sedangkan dalam pemetaan peran berbagai pihak di Kecamatan Selo dalam peningkatan akses layanan kesehatan perempuan dan anakย  perluย  dukungan dari pemerintah setempat. Lewat pemetaan ini diharapkan masyarakat memahami pentinya akanย  kesehatan dan peran pemerintah.

Grebeg vaksin yang dilaksanakan Pemerintah Desa Tlogolele akhir-akhir iniย  disambut antusiasย  masyarakat. Sosialisasi dilakukan dengan pendataan kader setiap dukuh bahkan Pemerintah Desaย  Tlogolele menggunakan pengeras suara keliling desa hal ini dilakukan agar masyarakat mendapat hak yang sama dalam pelayanan kesehatan.

“Ini yang kami tungu dan kami harapkan karenaย  pemerintah tidakย  bisa sendiri namun perlu juga dukungan dari semua pihak,”ย  ujarย  Sekretaris Desa (Sekdes) Tlogolele, Nigen, Jumatย  (12/11/2021). (ASA)

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com