JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Makin Menegangkan, Buntut Temuan Sertifikat Tak Layak, Pemenang Seleksi Perangkat Desa di Padas Sragen Berpotensi Berubah

Pengumuman perolehan nilai dan ranking peserta seleksi penjaringan Perdes untuk jabatan Sekdes di Desa Padas sebelum temuan kasus sertifikat bermasalah yang dipajang di papan pengumuman desa, Selasa (23/11/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Proses seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat desa di Desa Padas, Kecamatan Tanon, Sragen dipastikan makin memanas.

Temuan dua sertifikat kursus milik peserta ranking 1 di formasi Sekretaris Desa, Fathul Jalal, yang tidak memenuhi syarat pada Selasa (23/11/2021) dipastikan bakal berdampak besar terhadap hasil akhir seleksi.

Tak hanya merubah ranking peserta, pemenang di formasi Sekdes juga berpeluang besar bakal berubah.

Pasalnya selisih poin antara peserta ranking 1 dengan ranking 2, Muhammad Ahyani Mursyid hanya 0,83. Jika sertifikat dan nilai prestasi milik Mursyid tidak ada perubahan, maka ia akan menggeser Fathul dari ranking pertama.

Karena Fathul dipastikan harus kehilangan dua poin nilai prestasinya karena 2 sertifikatnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca Juga :  Seleksi Perangkat Desa Pilangsari Ngrampal Cetak Rekor Terbanyak Sampai 93 Peserta. Komisi I Sempat Pantau Ujian CAT di UMKU, Ini Hasilnya!

Berdasarkan hasil perankingan nilai yang dipajang di papan pengumuman desa, formasi Sekdes diikuti 7 pelamar.

Ranking 1 diduduki Fathul Jalal dengan total nilai 64.33. Rinciannya ujian tertulis 46.00, komputer 12.00, prestasi 5.00 dan dedikasi 1.33.

Sedangkan ranking kedua diduduki Muhammad Ahyani Mursyid dengan tol nilai 63.50. Rinciannya nilai ujian tertulis 45.50, komputer 14.00, prestasi 4.00, dedikasi 0 dan total 63.50. Lima peserta lainnya memiliki total nilai terpaut jauh dari keduanya.

Wakil Ketua BPD sekaligus anggota tim verifikasi atau pencari fakta yang dibentuk kecamatan, Mustofa Kamaludin mengatakan dengan temuan 2 sertifikat kursus tidak memenuhi syarat, maka nilai prestasi peserta ranking 1 saat ini, akan dikurangi 2 poin.

Baca Juga :  Digerogoti Rayap, 3 Bangunan Kelas SDN di Sambungmacan Sragen Hancur dan Disangga Bambu. Kasek: Luarnya Saja yang Tampak Bagus!

Sebab satu sertifikat bernilai 1 poin. Dengan kehilangan 2 poin, sangat dimungkinkan terjadi perubahan besar pada hasil akhir perankingan.

“Mungkin yang awal rangking satunya saudara Fathul Jalal dan ranking duanya Muhammad Ahyani Mursyid, rangking 3 saudara Jun, itu nanti komposisinya bisa berubah. Terutama posisi satu dua, karena selisih poin mereka hanya 0,83. Tapi semua nanti masih menunggu hasil verifikasi dari tim yang ditugaskan memverifikasi berkas sertifikat jilid 2,” paparnya usai penyampaian hasil verifikasi ke panitia di Balai Desa Padas, Selasa (23/11/2021).

Penyampaian hasil verifikasi sertifikat dan penilaian prestasi yang dinilai mencurigakan dari hasil tim verifikasi di hadapan panitia dan peserta seleksi Perdes Desa Padas, Tanon, Sragen, Selasa (23/11/2021). Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua