JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Nunggak Pajak, Ribuan Kendaraan Pelat Sragen Berpotensi Bisa Kena Tilang. Siap-Siap Pula Ditagih Petugas ke Rumah!

Baur STNK Polres Sragen, Iptu Suwardi saat memberikan sosialisasi prokes dan pembebasan denda pajak kendaraan kepada pengunjung di kantor UPPD Samsat Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan kendaraan bermotor di Sragen terdeteksi masih nunggak pajak. Petugas pun mengingatkan pemilik kendaraan yang nunggak untuk segera memenuhi kewajibannya jika tidak ingin ditagih di rumah hingga berpotensi terkena tilang saat di jalan.

Kepala Kantor UPPD Sragen, Sri Marjoko melalui Kepala Seksi PKB, Arif Budiyanto mengatakan kondisi pandemi diakui memang berdampak terhadap jumlah pemilik kendaraan yang membayar pajak.

Animo warga untuk membayar pajak sedikit mengalami penurunan akibat kondisi ekonomi yang menurun selama pandemi.

Baca Juga :  Pengusaha Nasional Kelahiran Sragen Kepergok Dampingi Presiden Jokowi Main Bulutangkis di Bali. Siapkan Bonus Rp 500 Juta untuk Tim Thomas Cup

Namun pelonggaran aktivitas selama level 2 dan kebijakan pembebasan denda tunggakan pajak, diakui sudah mulai mendongkrak angka pembayaran pajak kendaraan.

Pembebasan denda dan pelonggaran PPKM memang berpengaruh, ada peningkatan animo pembayar pajak. Tapi kondisi ekonomi saat ini memang menjadi faktor yang sedikit menghambat masyarakat untuk tertib membayar pajak,” paparnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/11/2021).

Meski demikian, Arif mengaku tetap optimis bisa mengejar target pendapatan yang dipatok tahun ini. Upaya yang dilakukan yakni dengan menagih via telepon atau mengingatkan pemilik kendaraan yang nunggak.

Baca Juga :  Hasil Voting, Kepala Disdikbud Sragen Kalahkan Mantan Wabup Dedy untuk Jabat Ketua Kwarcab Pramuka. Kwartir Jateng Berharap Program Kekinian

Lantas penagihan langsung ke rumah-rumah atau door to door juga terus dilakukan meski tidak ada anggarannya.

Optimalisasi lainnya dengan mendekatkan pelayanan ke masyarakat seperti Samsat Keliling dan Samsat Paten yang dibuka di dua wilayah yakni Gemolong dan Tanon.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua