JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Petir Menyambar di Baturetno Longsor Tirtomoyo Hingga Banjir di Selogiri, ini Bencana Alam di Wonogiri Awal Penghujan 2021

Bencana alam
Batu besar longsor dan menimpa rumah warga di Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Wilayah Wonogiri saat ini belum lama memasuki musim penghujan. Namun demikian sudah tercatat beberapa peristiwa bencana alam terjadi di kabupaten yang berbatasan dengan Jatim, DIY, dan Samudra Hindia tersebut.

Informasi yang diperoleh dari BPBD Wonogiri, bencana alam terjadi di sejumlah kecamatan. Meliputi Tirtomoyo, Baturetno, Wonogiri, dan Selogiri.

Untuk jenis bencana meliputi tanah longsor, banjir, maupun sambaran petir.

Beruntung, tidak timbul korban jiwa maupun luka dari sejumlah kejadian bencana itu. Hanya saja kerugian total ditaksir sudah tembus ratusan juta rupiah.

Baca Juga :  Jumlah Kasus HIV/AIDS di Wonogiri Tembus Angka 652, Terbanyak dari Kecamatan ini

Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan. Mengingat bencana bisa muncul sewaktu-waktu.

Terlebih Bupati Wonogiri Joko Sutopo meneruskan pemetaan yang dilakukan BNPB. Dimana berdasarkan pemetaan Wonogiri zona merah bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, baru-baru ini mengatakan pada Rabu lalu terjadi longsoran batu besar yang menimpa rumah Agus warga Lingkungan Pancuran Kelurahan Kaliancar Selogiri. Peristiwa itu terjadi akibat hujan deras dengan durasi lama.

Akibatnya, bangunan rumah induk bagian belakang mengalami kerusakan parah. Meski begitu, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Baca Juga :  667 Sertifikat Tanah Milik Warga Kecamatan Bulukerto Wonogiri Akhirnya Diterima Secara Sah, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno Langsung Turun Lapangan

“Kerugian diperkirakan Rp 40 juta,” kata Bambang.

Selain itu aliran sungai Krisak yang terletak di Lingkungan Kaliancar Kelurahan Kaliancar perbatasan dengan Dusun Kenangan Desa Gemantar Kecamatan Selogiri tersumbat. Ini mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi pekarangan serta sebagian pemukiman warga sekitar jembatan.

Durasi genangan tidak lama sehingga langsung surut. Upaya penanganan telah dilakukan upaya pembersihan penyumbatan aliran sungai yang berada di lokasi jembatan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua