JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pakar Hukum: Fatwa MA Jadi Jalur Hukum Terbaik Selesaikan Sengketa Sriwedari

Ilustrasi sengketa tanah Sriwedari. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pakar Hukum UNS, M Jamin menyebutkan, fatwa Mahkamah Agung (MA) menjadi cara terbaik untuk menyelesaikan sengketa tanah Sriwedari dari jalur hukum. Namun demikian, jalur politik menjadi cara lebih cepat untuk mengakhiri sengketa tersebut.

Hal itu terkuak dalam FGD Pengelolaan Lahan Sriwedari yang digelar pemkot Solo, Senin (22/11/2021), di Hotel The Sunan. Menurut Jamin, jalur politik yang dapat dilakukan oleh Pemkot Solo yaitu dengan meminta pernyataan dari Presiden Joko Widodo yang menegaskan jika Sriwedari merupakan milik publik.

Baca Juga :  Perampokan Berdarah Gudang Rokok di Solo, Keluarga Korban Tuntut Pelaku Dihukum Mati, Ini Alasannya

“Ada dua jalan, jalan hukum dan politik. Dari jalur hukum bisa diusahakan lewat fatwa MA. Kalau jalur politik seperti yang disebutkan Pak Rudy (FX Hadi Rudyatmo) dan dua-duanya sama kuatnya. Jadi bisa diambil bareng, tapi kenyataannya jalan politik lebih cepat,” urainya.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat, 26 November 2021: Sebagian Wilayah di Jawa Tengah Hujan Ringan, Begitupun Kota Solo dan Magelang!

Ditambahkan Jamin, dengan adanya fatwa MA maka eksekusi lahan Sriwedari dapat dihentikan. Bagaimanapun juga, lanjutnya, Sriwedari sudah menjadi milik publik tidak terbantahkan dan hal itu menjadi memori kolektif masyarakat Solo dan sekitarnya yang tidak bisa dihilangkan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua