JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pembangunan Jalan Relokasi Alias Jalan Lingkar Waduk Pidekso Wonogiri Dikebut, Langkah ini yang Dikerjakan

Waduk pidekso
Projects manager PT PP Waduk Pidekso Wonogiri Nur Eko (kanan) dan PPK BBWSBS Abdul Mahmud (tengah) memberikan keterangan pers. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tidak hanya pembangunan badan bendungan, proyek Waduk Pidekso Wonogiri juga menyasar ke pekerjaan lainnya. Di antaranya jalan lingkar atau tepatnya jalan relokasi.

Jalan ini melingkari cakupan air Waduk Pidekso. Terbagi menjadi dua sisi, kanan dan kiri menghubungkan pemukiman warga dengan jalan desa hingga tembus di jalan kabupaten dan provinsi.

Keberadaan jalan relokasi ini sangat vital. Pasalnya menjadi akses warga sekitar waduk dengan jalan yang menghubungkannya. Dengan begitu akses warga tetap bisa lancar kendati telah ada Waduk Pidekso di tengahnya.

Nah jalan inilah yang saat ini tengah dikerjakan. Bahkan pekerjaan tersebut dikebut alias dipercepat dari target awal.

Secara prinsip pekerjaan jalan teloky dilaksanakan secara paralel dengan prioritas akselerasi pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri.

Baca Juga :  Update Guru SMPN Wonogiri Meninggal Positif COVID-19, Bagaimana Hasil Tes 240 Guru dan Murid, Adakah yang Tertular?

Bahkan sejumlah alat berat disiapkan untuk memperlancar percepatan pengerjaan jalan relokasi. Alat berat itu terdiri dari 10 buah ekskavator, 3 buldozer dan 3 vibro roller (mesin pemadat badan jalan). Alat berat dikerahkan ke sejumlah titik yang berpotensi untuk mendapatkan prioritas percepatan penggarapannya.

“Kami juga mendirikan posko darurat di sekitar lokasi. Ada juga penyediaan kendaraan double cabin, untuk membantu pengangkutan warga yang ingin melintas,” ujar Project Manager PT PP Waduk Pidekso, Nur Eko, Rabu (10/11/2021).

Tujuannya, agar warga yang terisolasi karena genangan air waduk yang makin meninggi, dapat cepat dicarikan solusinya. Juga dilakukan pembangunan jembatan darurat memakai gorong-gorong agar hubungan darat tetap lancar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Abdul Mahmud, menyebutkan upaya mempercepat pembangunan relokasi jalan, kini diparalelkan dengan akselerasi pembangunan Waduk Pidekso di Giriwoyo, Wonogiri. Untuk ruas jalan relokasi kanan sepanjang 10,4 kilometer dan ruas kiri sepanjang 2,8 kilometer.

Baca Juga :  Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Bisa Airi Lahan Seluas 41 Hektare di 2 Kecamatan, Pembangunan Saluran Irigasi Telan Anggaran Segini

Lebar badan jalan 3 meter dilengkapi dengan bahu jalan masing-masing lebar 1 meter dan 4 jembatan baru. Sampai saat ini, pembangunannya telah selesai 89 persen dan pada akhir tahun 2021 nanti ditargetkan rampung 97 persen.

Penggarapan Waduk Pidekso dipercepat penyelesaiannya. Semula targetnya selesai 2022, kemudian dimajukan karena akan diresmikan Presiden Bulan Desember 2021. Demikian pula, langkah percepatan pembangunan Waduk Pidekso, kemudian diparalelkan dengan pembangunan relokasi jalan yang juga dipercepat.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua