JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Prediksi SMRC: Hanya PDIP yang Mampu Usung Capres 2024, Apakah Mesti Puan?

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat menghadiri kampanye rapat umum di Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/3). Kampanye yang dihadiri ribuan kader PDIP Se-Jawa Tengah untuk membuktikan kader dan simpatisan bersatu / liputan6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Di antara partai-partai yang ada, hanya PDIP yang mampu mencalonkan presiden sendiri tanpa harus berkoalisi.

Demikian perhitungan yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif SMRC, Saiful Mujani, yang  mulai melakukan pemetaan koalisi Pilpres 2024.

Saiful menyatakan hanya partai politik atau koalisi partai politik hasil Pemilu 2019 yang mendapat kursi 20 persen di DPR atau 25 persen suara pemilih nasional.

Baca Juga :  Akui Tembak 2 Anggota TNI, TPNPB-OPM Minta TNI Tak Menangkap Masyarakat Sipil Sembarangan

“Karena syarat batas minimal partai untuk bisa mencalonkan sangat tinggi, maka hanya PDIP yang bisa mencalonkan tanpa koalisi. Karena itu, jumlah calon maksimal hanya empat atau tiga,” kata Saiful dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga :  Siapa Menteri yang Bakal Terkena Reshuffle Pada Rabu 8 Pon?

Kata dia, saat ini Puan diprediksi akan menjadi calon presiden yang akan diusung oleh PDIP. Saiful menyebut hal tersebut tampak dari kegiatan sosialisasi yang cukup masif.

 

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua