JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Warga Gandu Desa Joho Pracimantoro Wonogiri Kini Bisa Tidur Nyenyak Tak Khawatir Terjadi Banjir Lagi Gegara Hal ini

Mulut luweng
Saluran air menuju mulut luweng di Dusun Gandu Desa Joho Pracimantoro Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Ketua RT di Dusun Gandu, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Wasto mengatakan saat ini warganya bergotong royong untuk membuat gorong-gorong di saluran air menuju mulut luweng.

Saluran air sebelumnya sudah jadi dan menyambung dari pekarangan hingga mulut luweng Gandu. Saluran sengaja dibuat untuk mengalirkan air menuju luweng. Pasalnya posisi mulut luweng berada di tempat yang lebih tinggi daripada tanah sekitarnya.

Wasto menyebutkan, saluran air yang mengarah ke luweng bisa berfungsi dengan baik. Nantinya, apabila wilayah setempat diguyur hujan, air bisa langsung dialirkan ke dalam luweng.

“Jadi nanti air hujan akan langsung dialirkan ke sana. InsyaAllah bisa berfungsi dengan baik,” terang Wasto, belum lama ini.

Baca Juga :  Arti Sapto Nawolo Aji dan SIAP Online Menurut Disdukcapil Wonogiri, Ada Hubungannya dengan Pernikahan dan Perceraian

Selain itu, dengan adanya saluran air menuju ke luweng itu, menurutnya akan sangat membantu masyarakat. Saat musim hujan tiba warga tidak akan was-was lagi soal genangan air yang ada di Dusun Gandu tersebut.

“Sangat membantu, bisa tidur nyenyak nanti kalau musim penghujan. Biasanya kan harus nyedot air pakai diesel biar genangan tak sampai ke rumah,” ujar Wasto.

Untuk diketahui, keberadaan luweng sebagai saluran gua vertikal di dalam tanah sangat vital di kawasan karst Wonogiri. Pasalnya menjadi semacam drainase alami untuk mengalirkan kelebihan air hujan.

Baca Juga :  Pencurian Motor Yamaha Jupiter MX di Joho Jatisrono Wonogiri, Motor Sudah Dikunci Stang Tapi Tetap Hilang

Nah, beberapa kali terjadi luweng tidak menerima limpahan air hujan. Ini karena beberapa faktor seperti tersumbat atau lubang di dalamnya runtuh akibat pelapukan atau dampak gempa bumi, maupun sebab lain. Yang jelas ketika hal itu berlangsung, kerap muncul genangan banjir hingga sampai ke pemukiman sekitarnya.

Relawan bersama warga dan pemerintah khususnya di Kecamatan Pracimantoro hingga kini aktif mencari dan menemukan mulut luweng. Selanjutnya lubangnya diperlebar agar bisa menjadi saluran limpahan air banjir.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua