JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Waspada Varian Omicron, Sandiaga Uno Tinjau Ulang Penerbangan Asing ke Bali dan Kepri

ilustrasi covid-19 / pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Varian baru Covid-19, Omicron, yang telah menyebar di beberapa negara semakin membuat pemerintah Indonesia waspada. Dampaknya, sektor pariwisata Indonesia pun bersiap memperbarui beberapa kebijakan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mulai melakukan sejumlah pembatasan. Pembukaan pintu masuk bagi WNA dari 19 negara yang sejauh ini diperbolehkan melakukan penerbangan langsung ke Bali dan Kepulauan Riau (Kepri) akan ditinjau ulang.

“Jumlah negara (yang diperbolehkan) akan dievaluasi karena ada beberapa negara yang mengalami lonjakan kasus baik sebelum maupun sesudah munculnya Omicron,” ungkap Sandiaga dilansir dari republika.co.id, Selasa (30/11/2021)

Baca Juga :  Gunung Kemukus Cetak Rekor Dikunjungi 12 Bus Santri, Menteri Sandiaga Uno Langsung Angkat Jempol. Ke Kemukus karena Takhayul No!

Sandiaga menyebutkan, 19 negara yang saat ini diperbolehkan melakukan penerbangan langsung ke Bali dan Kepri di antaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Belajar dari kasus varian Delta, kemunculan varian baru Omicron harus disikapi pemerintah secara lebih hati-hati. Varian yang ditemukan di Afrika Selatan itu diwaspadai memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat daripada Delta.

Baca Juga :  Heboh Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat, Betulkah Praktik Perbudakan Modern?

“Karena tingkat penyebaran yang sangat cepat dan banyak informasi yang belum bisa diperoleh, maka untuk menghindari lonjakan baru, pemerintah akan melakukan beberapa kebijakan, salah satunya pembaruan daftar negara,” imbuh Sandiaga.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua