JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Target Entaskan RTLH Pada 2024, Saat ini Jumlah Rumah Tidak Layak Huni Capai 14 Ribu Unit

Bedah RTLH di Kelurahan/Kecamatan Purwantoro, Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri memasang target pengentasan rumah tidak layak huni (RTLH) pada 2024. Sementara saat ini tercatat ada 14 ribu unit RTLH yang menunggu giliran dibedah.

Untuk diketahui berdasarkan hasil pendataan verifikasi dan validasi (verval) data RTLH di tahun 2019 lalu jumlah RTLH di Wonogiri berjumlah 25.002 unit. Rinciannya 10.744 RTLH rusak berat, 13.742 unit RTLH rusak sedang dan 516 unit RTLH rusak ringan.

Secara bertahap, jumlah RTLH di Wonogiri dapat diturunkan. Buktinya, pada 2019 sampai 2021 sudah ada 10.860 unit RTLH yang ditangani dengan biaya dari berbagai sumber mulai dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten, DID, dana alokasi khusus, dana desa hingga CSR. Dengan begitu hingga kini tinggal ada 14.142 RTLH yang perlu ditangani.

Baca Juga :  Info Tirtomoyo Wonogiri, Jalan Baru Penghubung Dusun Kraguman dan Sendang Desa Sendangmulyo Segera Dibangun Bisa Potong Jarak Hingga 8,5 Kilometer Lur

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menuturkan, secara bertahap, jumlah RTLH semakin menyusut berkat keterlibatan banyak pihak. Mulai dari dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, program CSR dan sebagainya.

Saat ini, masih ada sekitar 14 ribu RTLH yang perlu direnovasi di Wonogiri. Bupati mengakui fakta itu menjadi PR tersendiri bagi Pemkab Wonogiri.

Baca Juga :  8 Warga Wonogiri Positif COVID-19 Varian Delta, 4 Lainnya Masih Menunggu Hasil

Terkait itu Bupati mentargetkan, belasan ribu RTLH itu bisa dientaskan di 2024. Menurut dia, hal itu bisa dicapai sebab dalam satu tahun lebih dari 3.000 RTLH direnovasi.

“Kalau menuju 4 ribu (RTLH dalam satu tahun yang direhab) maka kami harus lebih konsentrasi. Membuka relasi yang lebih luas dan mendorong keterlibatan semua pihak, termasuk meminta dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi,” ungkap Bupati baru-baru ini.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua