JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Vaksin untuk Anak Umur 6-11 Tahun Digelar di Wonogiri, Jumlah Anak yang Divaksin Sebanyak 83.364

Vaksin
Seorang pelajar disuntik vaksin COVID-19 di Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun di Wonogiri akhirnya segera dilaksanakan. Rencananya vaksin anak umur 6-11 tahun dimulai pada pekan ini.

Vaksinasi itu berbarengan dengan agenda imunisasi rutin melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Secara teknis siswa SD yang mendapatkan vaksin untuk anak umur 6-11 tahun adalah mereka yang tidak tengah terkaver program BIAS.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyebutkan vaksin untuk anak umur 6-11 tahun dimulai pekan ini. Jumlah anak yang yang divaksin sebagai sasaran sebanyak 83.364 orang.

“(Vaksin untuk anak umur 6-11 tahun) Nanti kita sosialisasikan lewat bapak ibu guru hingga orang tua siswa bisa mengetahuinya,” ungkap Bupati, Selasa (21/12/2021).

Bupati menjelaskan, program vaksinasi COVID-19 bagi anak berbarengan dengan program BIAS. Program BIAS diikuti siswa SD kelas 1, 2 dan 5. Maka otomatis anak kelas 3, 4 dan 6 yang akan mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 terlebih dahulu.

Bagi siswa yang menjalani program BIAS, bakal disuntik vaksin COVID-19 setelah ada jeda waktu yang ditentukan. Bupati menuturkan, saat ini program BIAS juga sudah berjalan.

Baca Juga :  Unik dan Menarik, Apel Pagi dengan Pakaian Adat Jawa, Nyata Terjadi di Wonogiri

Terkait strategi vaksin untuk anak umur 6-11 tahun, Bupati menuturkan akan berbeda dengan vaksinasi bagi sasaran yang usianya di atas 12 tahun. Jika sebelumnya vaksinasi dipusatkan di P
pendapa kecamatan setempat, maka vaksin untuk anak umur 6-11 tahun bakal dilakukan jemput bola. Itu juga agar memudahkan mengatur anak-anak yang akan divaksin.

“Nanti petugas vaksinasi dari Faskes yang jemput bola ke sekolah,” terang Jekek.

Jekek menegaskan petugas vaksinasi di semua kecamatan sudah siap mengemban tugas itu. SOP vaksinasi bagi anak juga sama dengan vaksinasi untuk orang dewasa, mulai dari skrining yang dilakukan hingga observasi pasca suntikan vaksin.

Anak-anak penerima vaksinasi Covid-19 juga tak harus didampingi orang tuanya saat disuntik. Pasalnya dalam program BIAS, anak-anak yang menjalani imunisasi juga sudah diberi pemahaman. Bupati meyakini, vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini bisa dirampungkan paling lambat awal Januari.

“Nanti vaksin yang digunakan untuk anak-anak ini jenisnya Sinovac,” ujar Jekek yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Bagaimana dengan stok vaksin yang dimiliki Wonogiri? Bupati mengatakan stok vaksin yang dimiliki Pemkab Wonogori aman, ada sekitar 200 ribu dosis vaksin yang siap disuntikkan.

Vaksin untuk anak umur 6-11 tahun juga bisa dilakukan di masa libur anak. Dengan begitu, vaksinasi bisa semakin cepat dilakukan.

Sementara itu, Pemkab Wonogiri di tahun depan berencana melakukan pengadaan mobil fasilitas vaksin. Sebenarnya, rencana awal pengadaan mobil yang menunjang vaksinasi itu dilakukan di tahun ini.

Namun ada kendala pengadaan mobil dengan anggaran bersumber dari DID senilai Rp 680 juta itu di tahun ini, salah satunya di e-katalog karena spek mobil yang harus memenuhi kriteria yang ada. Tidak ada peserta atau peminat lelang itu.

“Terus yang kedua, opsionalnya bisa dengan kendaraan dengan kualifikasi tertentu tapi saat itu stoknya tidak ada. Tadi kita sudah minta opsinya apa supaya di tahun depan kita punya kendaraan untuk distribusi vaksin ke faskes-faskes kita,” kata Jekek. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com