JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Dampak Tidak Baik Terlalu Sering Minum Minuman Bersoda, Apa Saja?

Ilustrasi minuman bersoda. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Minuman bersoda memang sangat menyegarkan saat diminum, apalagi dikonsumsi dalam kondisi dingin. Minuman ini sangat mudah ditemui di supermarket ataupun pasar tradisional.

Minuman dengan sensasi gas ini dapat diminum secara langsung, ataupun digunakan sebagai bahan tambahan minuman tertentu.

Meskipun menyegarkan, soda mengandung tidak sedikit gula yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut empat dampak mengkonsumsi soda manis bagi kesehatan.

Menambah berat badan

Melansir dari healthline.com, soda mengandung gula tambahan dengan jenis sukrosa atau fruktosa dalam jumlah yang besar. Kedua kandungan gula ini apabila dikonsumsi justru tidak memberikan rasa kenyang. Selain itu, konsumsi soda berarti sama saja menambah asupan kalori dalam tubuh sehingga berdampak pada penambahan berat badan. Dengan demikian, soda merupakan minuman yang memberikan efek samping menggemukkan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Mengurangi kekuatan tulang

Konsumsi soda dihubungkan dengan kekuatan tulang yang makin menurun. Sebagaimana diungkapkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang mengonsumsi soda secara teratur cenderung mengalami penurunan kekuatan tulang pinggul dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya. Dengan demikian, tingkat penurunan kekuatan tulang berkorelasi dengan jumlah soda yang dikonsumsi.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Asupan fruktosa yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabakan resistensi insulin atau kekurangan insulin. Dilansir dari medicalnewstoday.com, hal ini disebabkan gula tambahan bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Dengan demikian, soda menjadi salah satu minuman yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Kerusakan gigi

Satu kaleng minuman soda mengandung setidaknya hampir sepuluh paket gula. Konsumsi soda yang berlebihan dapat menyumbangkan risiko kerusakan gigi sebab soda bisa mengikis permukaan gigi. Melansir dari eatthis.com, gigi yang terkikis tidak bisa tumbuh kembali.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com