JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Di Sleman, Pasien Covid-19 Klaster SMA/SMK Bertambah 3 Orang, Menjadi 20 Pasien

Pandemi Covid-19 masih terjadi
ilustrasi virus Corona
   

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyusul kemunculan 20 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungaan SMA/SMK di Sleman, Dinas Kesehatan Sleman akhirnya menemukan lagi tiga orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tersebut diketahui, setelah petugas  melakukan tracing (pelacakan) kontak erat dari 20 pasien sebelumnya, sehingga total menjadi 23 orang pasien.

Namun kabar baiknya, sampai saat ini penularan dianggap telah berhenti.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novita Krisnaeni mengatakan, hasil tes usap sampling di SMA/SMK awalnya ditemukan 19 siswa dan 1 guru positif dari empat sekolah. Pelacakan kontak erat kemudian dilakukan.

Hasilnya mayoritas negatif. Namun, di SMAN 1 Cangkringan, yang semula ada 2 kasus ditemukan lagi tiga kasus baru lewat pelacakan kepada keluarga siswa.

“Tambahan 3 ini, satu keluarga. Orang tua dan anak. Jadi totalnya (kasus di SMK/SMA di Sleman) ada 23 kasus,” jelasnya, Selasa (30/11/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novita Krisnaeni

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novita Krisnaeni (TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin)

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Novita mengaku tidak mengetahui secara pasti sumber awal penularan di kalangan murid SMK/SMA ini.

Sebab, pemeriksaan dilaksanakan secara sampling (acak). Namun, penularan diduga berasal dari aktivitas di lingkungan tempat tinggal.

Saat ini murid yang dinyatakan positif, tengah menjalani isolasi terpusat di Selter Asrama Haji. Hal ini dilakukan agar pengawasan lebih mudah dan tidak menyebar ke mana-mana.

Novita mengungkapkan, pemeriksaan tes usap sampling bagi pelajar di Sleman hingga kini terus berjalan.

Sampai saat ini, tes usap sampling menggunakan antigen sudah menyasar 307 siswa dan 101 guru SD/MI. Kemudian, 624 siswa dan 152 guru tingkat SMP/MTs. Hasilnya, saat itu sempat ditemukan ada 3 siswa yang positif Covid-19

Sementara, tes usap sampling menggunakan polymerase chain reaction (PCR) telah digunakan untuk memeriksa 60 siswa dan 20 guru tingkat SD/MI. Kemudian, 60 siswa dan 20 guru SMP/MTs. Hasilnya negatif semua.

Lalu, pemeriksaan PCR juga menyasar 541 siswa dan 70 guru tingkat SMA/SMK. Ditemukan 19 siswa dan 1 guru dinyatakan positif. Hasil pelacakan tambah 3, sehingga total saat ini 23 kasus.

Baca Juga :  Dicurigai Hendak Curi Sepeda Ontel, Pria Asal Sleman Ini Coba Lari, Akhirnya Dibekuk dan Diserahkan ke Polres Bantul

Novita mengatakan, pelacakan dari murid SMK/SMA yang dinyatakan positif ini sudah terhenti.

“Alhamdulillah sekarang semua sudah tertangani. Tracing sudah close. Kami tinggal menunggu selesai isolasi di Isoter,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Balai Pendidikan Menengah Sleman, Priyo Santoso mengatakan, pihaknya saat ini masih terus menggelar tes acak di tengah berlangsungnya PTM jenjang SMA/SMK.

Jumlah sampel yang bakal diambil dalam tes acak ini cukup banyak, yaitu 43 sekolah dari total 108 SMA/SMK di Bumi Sembada. Menurut dia, ada sisi positif dengan jumlah sampel yang banyak tersebut.

“Kami mencari yang tidak kelihatan. Bahaya juga kan kalau tidak ketahuan. Bisa menyebar ke mana-mana. Karena vaksin itu tidak menjamin. Protokol kesehatan tetap harus diedukasikan, dan harus disiplin,” terang dia.

Sedangkan, capaian vaksinasi SMA/SMK di Sleman saat ini sudah mencapai 92,8 persen. Angka tersebut kini terus diperbarui.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com