JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Indonesia Ajak Negara-negara G20 Hasilkan Terobosan Besar

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar Presidensi G20 Indonesia tidak sebatas seremonial belaka.

Karena itu, Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata sert menghasilkan terobosan-terobosan besar.

“Indonesia siap berkolaborasi dan menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta (1/12/2021).

Sebagaimana diketahui, presidensi Indonesia dalam Group of Twenty (G20) dimulai sejak hari ini, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga :  Diduga Gagal Mendahului  Truk, Seorang Wanita Tewas Terserempet

Momen ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana hal itu merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia untuk menerima tampuk Presidensi G20 yang sebelumnya dipegang Italia.

Presidensi G20, menurut Presiden, merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global, perdamaian yang abadi.

Presiden berharap dengan dipegangnya tongkat Presidensi G20 oleh Indonesia, hal itu dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, bahwa Indonesia adalah negara besar.

Baca Juga :  Mahasiswa Unpar yang Tak Hadiri Kuliah Jokowi Bakal Kena Sanksi Administrasi, Ini Penegasan Rektor

Negara yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh negara-negara lain di dunia, baik dari sisi ekonomi, letak geografis, maupun sikap politiknya.

Di samping dikenal dengan keramahtamahannya, Indonesia juga dikenal karena memiliki keragaman budaya dari berbagai suku yang ada di nusantara serta alam yang indah dan permai.

Selaras dengan harapan tersebut, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua