JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Penyebab Banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri Pemerintah Pusat Sampai Beri Perhatian

Banjir Tirtomoyo
Relawan dan warga membersihkan material sisa banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Puluhan rumah warga tergenang akibat banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri. Pemerintah pusat sampai memberikan perhatian.

Sebagaimana diwartakan banjir Tirtomoyo dan banjir Betal terjadi Selasa sore (7/12/2021). Awalnya wilayah Kecamatan Tirtomoyo dan Kecamatan Betal atau Nguntoronadi diguyur hujan deras dengan durasi lama.

Menurut Camat Tirtomoyo Dwi Martanto Yuniarso, Rabu (8/12/2021), hujan lebat mengguyur sejak pukul 17.00 WIB. Hujan yang lebat membuat Sungai Dimoro di kecamatan meluap hingga ke permukiman serta sempat memutus akses jalan. Selain itu, Sungai Wiroko yang bermuara di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri melimpas.

Baca Juga :  Warga Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Terima Pelatihan Digital Marketing, Diajari Cari Uang dengan Duit

Tanah longsor juga terjadi di Dusun Jati RT 2 RW 4 Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo. Sebidang talut jalan dengan luas sekitar 100 meter persegi ambrol, sehingga kerugiannya ditaksir berkisar Rp 100 juta. Material longsor juga sempt menutup jalan di Janganti Tirtomoyo.

Kepala Pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, banjir melanda Desa Tanjungsari dan Kelurahan Tirtomoyo di kecamatan tersebut.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Begini Cara Badal Haji yang Benar Plus Panduan dan Tahapan Badal Haji Resmi

“Di Kelurahan Tirtomoyo ada 16 rumah yang tergenang, sedangkan di Desa Tanjungsari ada lima rumah yang tergenang,” kata Bambang.

Salah satu penyebab banjir tersebut adalah semakin tingginya sedimentasi di Sungai Wiroko dan Sungai Dimoro. Perlu diketahui, Sungai Dimoro bermuara di Sungai Wiroko lantas bermuara di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua