JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mudik ke Wonogiri Siap-siap Rumahnya Ditempeli Stiker Khusus Gaes, Seperti ini Isinya

Stiker mudik
Petugas kepolisian memasang stiker mudik di rumah warga. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Perantau asal Wonogiri yang mudik pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini siap-siap didatangi petugas. Mereka bakal mendata pemudik plus menempelkan stiker di rumah tujuan pemudik.

Stiker mudik itu ditempelkan di dinding atau tempat lain yang mudah terbaca di rumah tujuan pemudik. Stiker mudik itu berisi data tentang vaksin dan rapid antigen. Juga ada kolom mengenai tanggal datang dan tanggal kembali ke perantauan.

Pada lembar stiker mudik tersebut, tercetak lambang Pemprov dan Polda Jateng serta Kodam IV Diponegoro.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Aipda Iwan Sumarsono, Kamis (23/12/2021), mengiyakan tentang pendataan pemudik Nataru menggunakan stiker. Stiker dikeluarkan oleh tiga pilar Satgas Covid-19 Provinsi Jateng.

Untuk mengisi data pemudik Nataru yang pulang kampung, dilakukan oleh para personel Bhabinkamtibmas. Sebagaimana dilakukan di Kelurahan Beji Kecamatan Ngauntoronadi, maupun Dusun Cemangkah Kidul Desa Sindukarto, Kecamatan Eromoko.

Baca Juga :  Jadwal Operasi Lalu Lintas Wonogiri Mulai 4 Sampai 17 Maret 2024, 7 Pelanggaran Jadi Sasaran

Polres Wonogiri memastikan tidak akan memberlakukan penyekatan di ruas-ruas jalan perbatasan Wonogiri. Walaupun tidak ada penyekatan, akan tetapi untuk PPKM Mikro akan diterapkan kembali.

“Seperti yang disampaikan bapak Kapolda (Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi) kemarin, seluruh Polsek diminta untuk menghidupkan kembali PPKM Mikro itu,” tegas dia.

Kapolres sudah menyampaikan hal tersebut kepada Kapolsek di wilayah masing-masing untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Mulai dari Camat, Puskesmas dan Satgas di wilayah kecamatan berkaitan dengan rencana menghidupkan kembali PPKM Mikro tersebut.

Dihidupkannya kembali PPKM Mikro tersebut nantinya sebagai garda terdepan dalam pengamanan momentum Nataru kali ini.
Terlebih bagi masyarakat yang hendak mudik. Pasalnya hingga saat ini tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman.

“Tugas kita nanti hanya imbauan, masyarakat diminta untuk tetap di rumah dalam momen pergantian tahun nanti,” terang dia.

Baca Juga :  Harga Beras Naik di Wonogiri Apakah Ada Operasi Pasar?

Meskipun begitu, dalam perayaan Nataru mendatang, pihaknya akan memberlakukan checkpoint.
Dalam posko checkpoint itu, kata Dydit, hanya akan melakukan pengecekan terhadap syarat-syarat administrasi perjalanan di masa pandemi COVID-19.

“Checkpoint nanti mengecek apakah masyarakat yang melakukan perjalanan sudah melengkapi persyaratan yang ada,” terang dia.

Syarat-syarat yang dimaksud misalnya, sudah divaksin dengan menunjukkan sertifikat. Atau menunjukkan bahwa yang bersangkutan bebas dari paparan COVID-19 yang bisa ditunjukkan dengan hasil rapid test antigen

Aipda Iwan Sumarsono, juga menginformasikan bahwa petugas Pos Operasi Lilin Candi 2021, nantinya akan menempelkan stiker pada kaca mobil pemudik Nataru yang pulang kampung. Stiker berlambang Polda Jateng yang dilengkapi tulisan Chek Point Polantas Sigap Siap Integritas Tanggap, akan ditempel pada kendaraan pemudik, setelah mendapatkan pemeriksaan chek point di Pos Lilin Candi 2021 yang berlokasi di tepi ruas Jalan Raya Solo-Wonogiri, tepatnya di Desa Gemantar Kecamatan Selogiri Wonogiri. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com