JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengamat : Berulangnya Pertikaian TNI-Polri Akibat Penyelesaian Masalah Tidak Tuntas dan Komunikasi yang Buruk

Ero dan Dr Aqua saat menyampaikan materi di hadapan personel Polres Bangkalan, Kamis (2/12/2021)

 

BANGKALAN, JOGLOSEMARNEWS.COM —Pertikaian yang masih sering terjadi antara anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) utamanya adalah masalah komunikasi. Kesalahpahaman yang mestinya dapat dihindari agar tidak mempermalukan institusi.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana menyampaikan hal itu menjawab pertanyaan salah seorang peserta pada “Sharing Komunikasi dan Motivasi” di hadapan puluhan anggota polisi termasuk perwira dan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Polres Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan itu merupakan tindak lanjut safari silaturahim yang dijalankan Aqua selama lebih kurang dua pekan di Jawa Timur (Jatim). Sharing tersebut bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Seluruh Personel Polres Bangkalan untuk Meningkatkan Kinerja Terutama Memberikan Layanan Terbaik ke Masyarakat”.

Ironisnya, lanjut Aqua, kesalahpahaman serupa sering terulang. Penuntasannya tidak komprehensif. Hanya sebatas penyelesaian sesaat. Ini juga masalah komunikasi yang buruk.

Baca Juga :  Penyakit Tuberkulosis Dapat Perhatian Khusus di Forum G7 dan G20

“Seharusnya menuntaskan masalah itu sampai ke akar-akarnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Realitanya penyelesaiannya hanya di permukaan saja. Akibatnya masalah serupa sering terjadi lagi,” tegas Dr Aqua.

Persoalan yang pernah terjadi antara anggota Polri dan prajurit TNI di berbagai tempat seperti gunung es. Hanya kelihatan sedikit masalah di permukaan, namun di bawahnya banyak problem.

“Jangan karena sudah saling bermaafan dianggap selesai. Luka batinnya jika tidak segera diobati dan dituntaskan, kejadian serupa bisa sewaktu-waktu muncul kembali sepanjang masa,” tambah Dr Aqua.

Pria yang sangat mendukung mewujudkan soliditas Polri dan TNI ini menyatakan kesedihan yang mendalam setiap ada anggota Polri dan TNI yang bertengkar hingga akhirnya adu fisik. Apalagi yang diributkan bukan hal yang prinsip.

Baca Juga :  Menteri PUPR Tunggu Anggaran Ibu Kota Negara dari Menkeu

Untuk itu Aqua menyampaikan saran agar ke depan membiasakan semua masalah dituntaskan hingga ke akar masalahnya. Dengan begitu diyakini masalah yang sama tidak terulang kembali.

Selain itu para komandan satuan yang anak buahnya terlibat pada pertengkaran tersebut untuk memberikan hukuman setimpal secara obyektif. Berikan efek jera kepada semua anggota yang melanggar. Sekaligus peringatan ke anggota lainnya agar tidak melakukan hal serupa.

“Belajar dari semua kejadian yang terjadi di Indonesia, tolong semua anggota Polres Bangkalan menjaga diri agar tidak berselisih paham dengan para prajurit TNI. Mereka adalah saudara kita yang sama-sama berusaha secara maksimal menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Dr Aqua.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua