JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Pacu 7 Sektor Industri untuk Mendukung Making 4.0

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah megambil fokus tujuh sektor industri yang dipacu untuk mendukung Making 4.0, sebuah program yang disiapkan untuk menghadapi era industri digitaal 4.0.

Demikian dijelasan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Penganugerahan Indi 4.0 Award Tahun 2021 dan Conference Industry 4.0 secara virtual di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Tujuh sektor yang mendapat fokus perhatian tersebut adalah industri makanan-minuman, tekstil, otomotif, kimia, elektronik, alat kesehatan dan industri farmasi.

Baca Juga :  Pemerintah Kembangkan Industri Sektor Kesehatan

Di mana, secara umum industri-industri tersebut menyumbang 70% PDB industri, 65% ekspor industri dan 60% tenaga kerja industri Indonesia.

Di samping tujuh sektor industri tersebut, menurut Menko Airlangga, masih perlu dilakukan pembenahan sektor industri nasional untuk 5 aspek teknologi yang sebenarnya merupakan kunci sukses Making Indonesia 4.0.

Baca Juga :  Telegram Down, Warganet Mengeluh

Kelima aspek tersebut adalah Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human-Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

“Selain itu, kita juga harus mendorong industri semi-konduktor di Indonesia. Sebab hampir semua industri digital memerlukan hal ini,” jelas Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua