JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PIDI 4.0 Bukti Nyata Upaya Indonesia Bertansformasi Menuju Industri 4.0

Menko Airlangga Hartarto dalam Peluncuran PIDI 4.0 / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap PIDI 4.0 dapat menjadi upaya nyata untuk mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia yang diimplementasikan secara inklusif, adaptif dan implementatif.

Harapan tersebut disampaikan oleh Menko Airlangga saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran PIDI 4.0, pada Kamis (2/12/2021).

Ditegaskan Airlanggaa, melihat peran strategis yang dimilikinya, maka Pemerintah telah menginisiasi pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) sebagai implementasi salah satu prioritas nasional Making Indonesia 4.0.

“Pembangunan PIDI 4.0 merupakan bukti nyata upaya Indonesia dalam bertansformasi menuju Industri 4.0 dengan memperhatikan peningkatan nilai tambah dan kapasitas dalam global value chain,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Menurut Menko Airlangga, pembangunan PIDI 4.0 yang merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia, sekaligus menjadi showcase Making Indonesia 4.0 untuk dunia terutama dalam hal digitalisasi.

Baca Juga :  Menteri PUPR Tunggu Anggaran Ibu Kota Negara dari Menkeu

Sebagaimana diketahui, Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 secara resmi telah di mulai pada 1 Desember 2021. Menko Airlangga menyebutkan tema besar Presidensi G20 Indonesia yaitu “Recover Together, Recover Stronger”, dengan 3 pilar utama yang meliputi Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital dan Transisi Energi menuju keberlanjutan.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Pemerintah Berkomitmen Jaga Stabilitas Harga Bahan Pangan

“Tentu di pilar yang kedua ini agar tidak sebatas narasi, tetapi juga ada showcasing dalam bentuk yang lebih nyata,” ujarnya.

Hal itu, menurut Airlangga,  selaras dengn pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana dalam arahannya agar pelaksanaan forum G20 tidak berfokus kepada seremoni-seremoni. Namun lebih dari itu, yakni condong ke hal-hal yang lebih praktikal.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua