JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

1.397 Emak-emak di Wonogiri Pilih Jadi Janda, Jumlah Janda Baru Selama Setahun Tembus 1.288 Orang

Ilustrasi cincin pernikahan. Pixabay
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sedikitnya 1.397 istri di Wonogiri memilih menjadi janda pada tahun 2021 lalu. Sementara jumlah janda Wonogiri selama setahun kemarin tembus 1.288 orang.

Fakta-fakta tersebut terangkum dalam wawancara bersama Ketua Pengadilan Agama Wonogiri, Aris Setiawan, Sabtu (8/1/2022). Menurut Aris ada ribuan istri yang mengajukan gugatan cerai ke suaminya di Pengadilan Agama Wonogiri pada 2021.

Namun demikian, sebaliknya ada ratusan perkara cerai talak yang diajukan para suami di kabupaten tersebut. Untuk diketahui gugatan cerai diajukan istri sedangkan cerai talak diajukan suami.

Dia membeberkan, sejak awal Januari hingga bulan Desember 2021,ada 1.397 pengajuan cerai gugat. Dari angka itu, 1.288 perkara telah diputus.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

“Lalu, ada 61 pengajuan yang dicabut melalui proses mediasi dan 48 perkara sisa berjalan di tahun 2022 ini,” ungkap Aris Setiawan.

Dia menjelaskan, gugat cerai sendiri diajukan dari pihak istri untuk menggugat cerai kepada pihak suami. PA Wonogiri sepanjang tahun 2021 juga menerima permohonan cerai talak yang diajukan pihak suami. Jumlah perkara yang masuk sebanyak 486 perkara.

Dia memerinci, sebanyak 443 perkara gugatan cerai talak sudah diputus, 18 perkara dicabut dan sisanya sebanyak 25 perkara masih dalam proses di tahun 2022 ini.

Baca Juga :  1 Meninggal Kecelakaan di Wonoharjo Sambiroto Pracimantoro, Truk Tangki Tabrakan dengan Honda Supra 125

Aris menambahkan, dari ribuan perkara yang ditanganinya baik gugat cerai atau cerai talak terdapat puluhan perkara yang dicabut melalui proses mediasi. Menurut dia, setiap perkara yang masuk disaat sidang perdana pihaknya mengedepankan proses mediasi. Dengan catatan para pihak hadir di dalam persidangan.

Ada yang berhasil, ada juga yang di saat persidangan keduanya merasa rukun dan akhirnya damai kemudian gugatannya dicabut. Tapi juga ada yang mungkin sebelum masuk ke Pengadilan Agama diberikan nasihat oleh pihak keluarga kemudian berdamai. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com