JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Apakah Mengonsumsi Makanan Pedas Berlebihan Bisa Picu Ambeien?

Ilustrasi sambal. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Ambeien atau wasir adalah gangguan pada anus berupa pembengkakan atau peradangan. Kebiasaan memakan makanan pedas secara berlebihan dianggap dapat menyebabkan timbulnya penyakit ambeien. Tetapi apakah hal itu benar?

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya masalah pada sistem pencernaan karena cenderung mengganggu keseimbangan perut. Tapi, bukan berarti makanan pedas bisa menyebabkan timbulnya ambeien.

Mengutip dari hemorrhoidsurgeonmd.com, hal itu dikarenakan mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas tidak memengaruhi pembuluh darah di daerah anus.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Menurut Will Bulsiewicz, ahli gastroenterologi di Mount Pleasant, Carolina Selatan, makanan pedas tidak menyebabkan ambeien, melainkan dapat memperburuk penderita ambeien.

Makanan pedas dikenal sebagai stimulan saluran pencernaan dan sering dikaitkan dengan diare. Karena menyebabkan diare, makanan pedas dapat menimbulkan iritasi potensial pada pasien dengan gejala ambeien,” katanya.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Melansir dari laman livestrong.com, penyebab seseorang menderita ambeien justru disebabkan karena sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, bahkan faktor gaya hidup seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, dan terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk.

Untuk itu, makanan pedas tidak berbahaya jika dikonsumsi dengan kadar yang secukupnya. selain itu, pola hidup sehat dengan meminimalisir faktor penyebab ambeien juga perlu diperhatikan supaya bebas dari ambeien.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com