JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kasus Omicron Tembus 802 Orang, Luhut Prediksi Puncaknya Terjadi Awal Februari

Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus baru Covid-19 varian Omicron  di Indonesia mencapai 802 orang, dan diperkirakan puncak penyebaran varian tersebut akan terjadi pada Februari 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Dari hasil pengamatan terhadap pengalaman negara lain, puncak varian omicron mencapai puncaknya dalam kisaran waktu 40 hari, lebih cepat dari varian Delta,” ujar Luhut dalam rekaman video, Selasa (11/1/2022).

Dari total penularan Omicron di Tanah Air, 435 di antaranya merupakan impor kasus yang dibawa oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Sedangkan 537 kasus lainnya ditemukan di Jakarta.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

Luhut menyatakan Omicron telah teridentifikasi di 150 negara dan menimbulkan gelombang baru pandemi Covid-19 di dunia. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

 

Meski demikian, dia meminta masyarakat tidak panik.

“Sebagian besar kasus yang terjadi diperkirakan akan bergejala ringan, sehingga nanti strateginya juga akan berbeda dengan varian Delta,” katanya.

Baca Juga :  Gunung Ruang Meletus 828 Warga Dievakuasi

Pemerintah, Luhut menuturkan, akan memonitor secara ketat perkembangan penularan Omicron. Rambu-rambu kedaruratan akan diambil saat okupansi rumah sakit berkisar 20-30 persen.

Luhut mengklaim Indonesia jauh lebih siap menghadapi potensi gelombang varian Omicron. Sistem kesehatan dalam negeri, dia berujar, telah tersedia mulai obat-obatan, tenaga kesehatan, oksigen, hingga isolasi terpusat.

“Saya yakin kasus tidak akan meningkat setinggi negara lain. Namun syaratnya kita semua harus disiplin,” tutur Luhut. #suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com